Bermula dari 2 Ons Ganja, Kepemilikan 191 Kg Ganja Kering Terungkap

Kompas.com - 19/08/2019, 08:44 WIB
Sebanyak 191 kg ganja diamankan dari pra tersangka. Pengungkapan kasus ini bermula dari kepemilikan 2 ons ganja dari salah satu tersangka. Dok Polres Tebing TinggiSebanyak 191 kg ganja diamankan dari pra tersangka. Pengungkapan kasus ini bermula dari kepemilikan 2 ons ganja dari salah satu tersangka.

MEDAN, KOMPAS.com - Bermula dari pengungkapan kasus 2 ons ganja, akhirnya jaringan narkotika di Kota Tebing Tinggi terungkap.

Tak tanggung-tanggung, tim gabungan BNN dan Polres Tebing Tinggi berhasil menangkap anggota jaringan sindikat pengedar narkotika jenis ganja. 

Tim gabungan juga berhasil mengamankan barang bukti 191 kilogram daun ganja kering dari dua lokasi di Kota Tebing Tinggi pada Jumat (16/8/2019).

Barang bukti tersebut diperoleh dari empat orang tersangka yaitu SS alias P (27), K alias D (39), RN alias I (42), dan RH alias Jek (41).

Baca juga: Penyelundupan 500 Kg Ganja, Rencananya Akan Diedarkan ke Seluruh Indonesia

 

"Keempatnya adalah warga Kota Tebing Tinggi," kata Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, Minggu (18/8/2019).

Dijelaskan Sunadi, penangkapan tersebut bermula saat BNN dan Personel Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi  terlebih dahulu menangkap tersangka, P dan D di Kecamatan Bejenis Kota Tebing Tinggi, pada Rabu (14/8/2019) kemarin.

Dari ke dua tersangka ditemukan 2 ons ganja kering. Kemudian petugas melakukan pengembangan.

"Kemudian pada Kamis (15/8/2019) sekitar pukul 15.30 WIB dilakukan penangkapan terhadap tersangka RN dan Jek. Dari keduanya petugas mengamankan 11 kilogram ganja kering," jelasnya.

Baca juga: Terungkapnya Pengiriman 300 Kg Ganja Kering di Antara Karung Limbah Medis

Pelaku terancam hukuman mati

Salah satu tersangka dengan puluhan bungkus ganja kering. Pengungkapan kasus 191 kg ganja kering ini bermula dari pengungkapan 2 ons ganja dari salah satu tersangka.Dok. Polres Tebing Tinggi Salah satu tersangka dengan puluhan bungkus ganja kering. Pengungkapan kasus 191 kg ganja kering ini bermula dari pengungkapan 2 ons ganja dari salah satu tersangka.
Sunadi menambahkan, dari pengembangan empat tersangka, polisi berhasil mengamankan 180 ganja kering di Jalan Soekarno Hatta, Gang Keluarga, Kota Tebing Tinggi.

"Di dalam sebuah rumah yang tidak di ketahui nama pemiliknya itu di temukan 180 kilogram barkotika jenis ganja  milik tersangka RN," kata Sunadi.

Atas perbuatnya keempat tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2, Subs 111 ayat 2 Jo pasal 132 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Ancaman hukuman di atas 5 tahun sampai dengan seumur hidup dan hukuman mati," pungkas Sunadi.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X