Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Berharap Gerindra dan PKS Lupakan soal Pilpres dan Pilgub Jabar

Kompas.com - 15/08/2019, 07:26 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap seluruh partai politik yang menempatkan wakilnya di DPRD Provinsi Jawa Barat, termasuk Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan memimpin DPRD Provinsi Jawa Barat, bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, sudah saatnya partai politik pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 dan 02 menghilangkan gap antar-partai.

“Jangan membahas lagi urusan masalah yang lalu. Biasakan kita setelah kompetisi selesai, kita duduk bersama lagi untuk membahas apa yang bisa dikerjakan bersama-sama,” ucap Emil saat ditemui di kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (14/8/2019).

Selain Pilpres 2019, Emil juga berharap partai politik melupakan kompetisi dan persaingan di Pilkada Jawa Barat 2019.

Harapan tersebut dia lontarkan agar DPRD Jawa Barat tidak menjadi ganjalan untuk pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam membuat program serta inovasi.

Baca juga: Gerindra Kuasai Kursi Ketua DPRD Jabar, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Pasalnya, komposisi baru DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 nanti didominasi oleh partai-partai politik yang menjadi lawan Emil di Pilkada Jawa Barat 2018 lalu.

Di antara koalisi pengusung dirinya bersama Uu Ruzhanul Ulum, hanya PKB yang berhasil menempatkan salah satu kadernya sebagai salah satu wakil ketua DPRD dengan perolehan 12 kursi.

Sementara PPP dan Partai Nasdem jika digabungkan hanya punya 7 kursi. Bahkan, Partai Hanura tidak memiliki wakil sama sekali di DPRD Jawa Barat.

“Kami sangat terbuka selama untuk kepentingan masyarakat Jabar kita bisa dialog. Tidak ada lagi istilah pilgub, pileg, pilpres, itu sudah lewat. Yang kita samakan sekarang yaitu langkah menuju Jabar juara lahir batin,” imbuhnya.

Emil pun mengaku siap mendapatkan kritik dari seluruh partai politik, termasuk dari Partai Gerindra dan PKS yang pernah mengantarkannya menjadi wali Kota Bandung di ajang Pilwalkot Bandung 2013.

Pada Pilkada Jawa Barat 2018, Emil sempat menolak pinangan dari Partai Gerindra dan lebih memilih untuk maju bersama sejumlah partai politik pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yakni Partai Nasdem, PKB, PPP dan Partai Hanura.

“Tidak hanya dua partai (Gerindra dan PKS) saja, mau kritikan dari partai pengusung, bukan pengusung, dari masyarakat, dari mana pun selama itu kritik membangun, itu sangat dibutuhkan. Kalau tanpa kritik bagaimana kita tahu jalan keputusan dan pembangunan ini sesuai dengan harapan rakyat,” jelasnya.

Baca juga: Rapat Pleno KPU Tetapkan Gerindra Dapat Kursi Paling Banyak di DPRD Jabar

Emil pun optimistis dia dan DPRD Provinsi Jawa Barat yang akan dipimpin oleh Partai Gerindra bisa bekerja sama dan saling mendukung demi kepentingan Jawa Barat.

“Tidak ada masalah, saya kira masalah komunikasi saja,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com