Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bayah Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 28/07/2019, 22:15 WIB
Acep Nazmudin,
Jessi Carina

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Gempa bumi mengguncang Bayah, Kabupaten Lebak, Banten Minggu (28/7/2019) malam.

Berdasarkan informasi dari akun Twitter BMKG di @infoBMKG, gempa bumi terjadi pada pukul 21.25 WIB dengan titik koordinat 7,42 LS, 106.03 BT dengan magnitudo 5,2 dengan kedalaman 10 kilometer.

Titik gempa berada di Samudera Hindia atau berjarak 59 kilometer Barat Daya Bayah, Kabupaten Lebak, 67 Kilometer Muara Binuangeun, Kabupaten Lebak, 75 Kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi dan 164 Kilometer dari Jakarta.

BMKG menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, gempa terasa hingga ke sejumlah daerah di Provinsi Banten di antaranya di Rangkasbitung, Pandeglang, Kota Serang, bahkan Cikupa, Tangerang. 

Sementara itu di Bayah, warga panik saat merasakan gempa dan langsung berhamburan keluar rumah.

"Gempa terasa sekitar enam detik, saya sedang istirahat langsung lari keluar rumah," kata Tyo, salah satu warga Bayah kepada Kompas.com via sambungan telepon, Minggu (28/7/2019).

Kata dia, hampir semua warga di Pusat Kecamatan Bayah, berhamburan keluar rumah. Mereka berkumpul di jalan raya karena khawatir terjadi gempa susulan.

Namun, saat ini, kata dia, kondisi sudah kondusif.

"Warga sudah pada masuk ke rumah lagi, kondisi kondusif, Alhamdulillah tidak ada gempa susulan hingga saat ini," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com