3 Rumah Warga Ludes Terbakar, 1 Orang Tewas saat Selamatkan Diri

Kompas.com - 27/07/2019, 10:54 WIB
Tiga unit rumah warga di Lingkungan Waramsio, Kelurahan Kadolomoko,  Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ludes dilalap api, Sabtu (27/07/2019) 4.30 wita. Akibat peristiwa tersebut seorang pemilik rumah,  Wa Samali (80) tewas. DEFRIATNO NEKETiga unit rumah warga di Lingkungan Waramsio, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ludes dilalap api, Sabtu (27/07/2019) 4.30 wita. Akibat peristiwa tersebut seorang pemilik rumah, Wa Samali (80) tewas.

BAUBAU, KOMPAS.com - Tiga unit rumah warga di Lingkungan Waramsio, Kelurahan Kadolomoko,  Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ludes dilalap api, Sabtu (27/07/2019) 4.30 Wita. 

Akibat peristiwa tersebut, seorang pemilik rumah, Wa Samali (80), tewas terjebak di dalam rumahnya ketika mencoba menyelamatkan diri. 

“Kita tidak tahu gimana sumber awalnya, hanya api sudah menyala, langsung nenek dan cucu ini saling membangunkan, dan yang lewat pintu dapur ada yang lewat pintu depan, tapi api sudah menyala tinggi,” kata ketua RT Lingkungan Waramsio, Zaharia, di lokasi kejadian, Sabtu (27/7/2019).


Kebakaran tersebut bermula dari bagian dapur rumah milik korban Wa Samali. Diduga api berasal dari tungku yang berdekatan dengan motor. 

Api diduga dengan cepat menyambar motor yang berada dekat tungku api dan langsung melahap rumah korban yang terbuat dari rumah panggung.

Baca juga: Tiga Rumah Adat untuk Ritual Pasola di Sumba Barat Terbakar

Rumah korban yang terbuat dari kayu membuat rumah dengan cepat terbakar dan langsung merembet kedua rumah tetangganya yang juga terbuat dari kayu. 

Enam unit motor yang berada di tiga rumah tersebut langsung ludes dilalap api. 

Sementara itu, posisi korban, Wa Samali, berusaha menyelamatkan diri dan hendak keluar namun telah terjebak api yang membesar. Akibatnya korban tidak bisa menyelamatkan diri dan tewas terpanggang.

“Tadi korban dibawa ke rumah sakit tapi sekarang sudah dibawa ke rumah kerabatnya. Sekarang sudah di sana,” ujar Zaharia. 

Baca juga: 30 Petak Kontrakan di Koja Terbakar, Satu Orang Meninggal, Seorang Terluka

Empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api tersebut. Diduga kerugian materil akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp 350 juta.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X