Ribuan Bungkus Rokok hingga Ratusan Jamu Kemasan Disita dari Calon Jemaah Haji

Kompas.com - 26/07/2019, 14:39 WIB
Ratusan bungkus jamu bubuk yang disita di Embarkasi Surabaya A. FAIZALRatusan bungkus jamu bubuk yang disita di Embarkasi Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan bungkus jamu bubuk berbagi merek disita dari tas sejumlah jemaah calon haji Embarkasi Surabaya. Para jemaah mengaku jamu bubuk tersebut adalah titipan untuk saudaranya yang tinggal di Arab Saudi.

"Selain mengaku sebagai barang titipan, jemaah pemilik jamu mengaku untuk oleh-oleh kerabat di Arab Saudi, dan ada juga yang mengaku untuk dijual," kata Jamal, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Kisah Pasutri Buruh Tani Serabutan Naik Haji, 19 Tahun Sisihkan Rp 10.000 Per Hari, hingga Jadi Gunjingan Warga

Beragam merek dan serta khasiat jamu hendak dibawa ke Arab Saudi, seperti jamu untuk kebugaran, jamu untuk kesehatan wanita, hingga jamu untuk wanita pasca-melahirkan. Ratusan bungkus jamu bubuk itu selanjutnya diamankan sebagai barang sitaan negara.

Menurut Jamal, pihaknya sudah berkali-kali menyosialisasikan barang-barang yang boleh dibawa oleh jemaah calon haji. Sosialisasi bahkan dilakukan saat jemaah calon haji mengikuti manasik haji sebelum berangkat.

Sebelumnya, selain jamu bubuk, panitia juga menyita ribuan bungkus rokok dari tas jemaah haji, juga alat-alat komunikasi seperti handy talkie.

Jumlah keseluruhan jemaah calon haji yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda sebanyak 37.799 orang, yang dibagi dalam 85 kloter penerbangan.

Untuk jadwal keberangkatan atau embarkasi dimulai pada tanggal 6 Juli hingga 5 Agustus. Sedangkan kepulangan atau debarkasi dimulai tanggal 18 Agustus hingga 14 September.

Baca juga: Buruh Tani dari Tasikmalaya Berangkat Haji Setelah 19 Tahun Menabung



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X