Raih Suara Paling Sedikit di Pemilu 2019, PPP Minta Kursi Ketua MPR

Kompas.com - 20/07/2019, 16:10 WIB
Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di sela Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP di Kota Serang, Banten, Jumat (19/7/2019). Acep NazmudinPlt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di sela Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP di Kota Serang, Banten, Jumat (19/7/2019).

SERANG, KOMPAS.com - Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) mengungkapkan minatnya untuk mengisi posisi sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Perolehan suara di Pemilu 2019 lalu diharapkan tidak menjadi patokan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mengatakan selama ini ada tradisi tidak tertulis di parlemen di mana partai dengan perolehan suara kedua terbanyak berhak atas posisi Ketua MPR.

"Kalau itu ada, kenapa kita juga yang paling bungsu bisa dikasih kesempatan itu, seperti di negara lain yang paling bungsu jadi ketua senat," kata Suharso di Mukernas PPP di Kota Serang, Banten, Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: PPP Pasrahkan soal Jatah Menteri ke Presiden Jokowi


Hasil pemilu 2019 lalu, menempatkan partai berlambang Ka'bah urutan terkahir yang lolos ke parlemen dengan raihan 4,52 persen suara. Dengan demikian, jika mengikuti tradisi yang disebut Suharso, peluang PPP untuk mengisi kursi ketua sangat kecil.

Tapi Suharso tetap berharap partainya diberi kesempatan untuk memimpin, setidaknya jadi wakil ketua. 

"Kalau bisa jadi ketua lebih bagus, tapi minimal jadi wakil ketua MPR," kata dia. 

Baca juga: Gelar Mukernas di Banten, PPP Belum Agendakan Pilih Ketum Baru

Suharso mengatakan, akan membicarakan soal pemilihan ketua MPR dengan koalisi Indonesia Kerja (KIK) dalam waktu dekat. 

"Sudah disampaikan, nanti kita agendakan itu," pungkas dia. 

Diketahui, selain PPP partai Gerindra juga sudah mengutarakan minatnya untuk menjadi Ketua MPR.  Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR Sodik Mudjahid. 

Sodik mengusulkan, Komposisi pimpinan MPR dan DPR periode 2019-2024 adalah Gerindra sebagai ketua MPR dan PDI-P sebagai ketua DPR.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X