Banyak Pendaftar Tak Lolos PPDB Zonasi, Sekolah Ini Kekurangan Murid

Kompas.com - 08/07/2019, 19:32 WIB
Pasca pengumuman PPDB, orang tua siswa langsung melakukan pendaftaran ulang di SMP negeri 4 Kota Palopo, Senin (08/07/2019) KOMPAS.com/AMRAN AMIR Pasca pengumuman PPDB, orang tua siswa langsung melakukan pendaftaran ulang di SMP negeri 4 Kota Palopo, Senin (08/07/2019)

PALOPO, KOMPAS.com - Pengumuman hasil Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di SMP Negeri 4  Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (8/7/2019) siang berjalan kondusif.

Pascapengumuman, orangtua yang telah mengetahui anaknya lulus langsung melakukan pendaftaran ulang, proses pendaftaran ulang ini akan berlangsung hingga tanggal 11 Juli mendatang.  

Sistem PPDB secara online ini membuat SMP Negeri 4 Kota Palopo mengalami kekurangan siswa. Kondisi ini tak terjadi tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Meski Bermasalah, Ini 7 Alasan Mendikbud Ngotot Jalankan PPDB Zonasi

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Hartati mengatakan, jumlah pendaftar saat PPDB berlangsung mencapai 500 orang siswa. Namun, yang dinyatakan lulus zonasi hanya 196 orang siswa saja, sedangkan kuota penerimaan sebanyak 288 orang.

“Setelah diumumkan lulus zonasi itu hanya 196 orang siswa, sementara kuota 288 orang siswa, yang lulus afirmasi ada 7 orang siswa dan lulus perpindahan orang tua 1 orang,” kata Hartati saat ditemui di ruang penerimaan PPDB, Senin.

Persaingan antarzonasi terjadi di 3 wilayah kecamatan di Kota Palopo yakni Kecamatan Wara Selatan, Kecamatan Wara dan Kecamatan Wara Timur. Di sana, ada 3 sekolah, masing-masing SMP Negeri 4 Kota Palopo, SMP Negeri 3 Kota Palopo dan MTS Negeri Palopo.

Baca juga: Sekolah Kekurangan Murid pada PPDB 2019 Hanya Terjadi di Wilayah Pinggiran

 

Ketiga sekolah ini berada di jalan Andi Kambo, Kota Palopo yang hanya berjarak 100 meter.

“Sekolah yang saling berdekatan ini dalam satu zona saya kira itu salah satu penyebab kurangnya siswa yang lulus di sekolah kami, sehingga kuota tidak terpenuhi,” ucap Hartati.

Berkurangnya jumlah siswa yang lulus di sekolah tersebut membuat pihak sekolah membuka pendaftaran tahap kedua.

“Kami membuka pendaftaran tahap kedua yang berlangsung pada tanggal 12 sampai dengan 15 Juli 2019,” ujarnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X