Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Helikopter MI-17 Belum Membuahkan Hasil, Pangdam: Kita Tidak Boleh Menyerah

Kompas.com - 06/07/2019, 13:59 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Hingga Sabtu (6/7/2019), pencarian pesawat heli TNI AD jenis MI-17 dengan nomor registrasi HA 5138 yang hilang kontak sejak Jumat (28/6/2019) lalu belum membuahkan hasil.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua P Sembiring, selaku Pangkoops TNI wilayah Papua, dengan menggunakan pesawat CN 235 MPA, ikut dalam pencarian (searching flight) heli tersebut, Sabtu (6/7/2019).

Dalam keterangan tertulis, Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi menyebutkan, pencarian menyusuri medan di sepanjang rute penerbangan Sentani-Lereh-Oksibil-Lereh-Sentani.

Baca juga: TNI Kerahkan Pesawat Pendeteksi Panas dan Logam Cari Helikopter yang Hilang Kontak di Papua

Ikut mendampingi Pangdam adalah Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Budi, Danrem 172/PVY Kol Inf Binsar Sianipar, Kabasarnas wilayah Papua Putu Arga dan Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi.

Pangdam melihat langsung medan pencarian melalui layar monitor yang berada di dalam kabin yang terhubung langsung dengan kamera FLIR yang terpasang di bawah body pesawat CN 235 MPA tersebut.

Kamera tersebut dapat berputar 360 derajat dan memiliki kemampuan untuk optical zoom kepada obyek yang berada di darat.

"Perhatikan dengan seksama medan yang dekat dengan sumber air dan kampung. Dalam keadaan emergency bisa saja pilot berusaha mengarahkan pesawatnya mendekati kedua medan tersebut," kata Pangdam, saat memberikan arahan kepada operator monitor.

Pencarian via udara ini berlangsung selama lebih dari 2 jam. Sesaat memulai penerbangan, cuaca relatif cerah, namun awan tebal tampak menyelimuti saat pesawat memasuki wilayah Oksibil, sehingga menutupi pandangan dari pesawat ke darat.

Meskipun cuaca di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang cenderung ekstrem, Pangdam meminta pilot pesawat untuk berputar-putar sejauh radius 6 nautical miles dari titik lost contact yaitu di atas Distrik Okbibab dan Kampung Mimin yang berada di Distrik Oksop.

Baca juga: Satelit Pantau 6 Titik Panas di Oksibil, Rute Hilangnya Heli MI-17

Selanjutnya, pencarian udara dilanjutkan dengan menyisir Distrik Lereh yang berada di Kabupaten Jayapura. Cuaca di wilayah Lereh relatif cerah dan pandangan ke daerah pencarian cukup jelas.

Namun, selama pencarian yang berlangsung 2 jam tersebut, belum dapat menemukan tanda-tanda keberadaan helikopter nahas tersebut.

Pesawat mendarat kembali di Lanud Silas Papare sekira pukul 12.55 WIT dalam keadaan aman.

"Meskipun sampai saat ini upaya kami belum membuahkan hasil, kita tidak boleh menyerah. Laksanakan pencarian dengan ikhlas dan semangat dan jangan lupa kita selalu memohon kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan petunjuk selama melaksanakan pencarian," pesan Yosua kepada pilot dan kru yang terlibat dalam pencarian saat memberikan evaluasi setelah tiba kembali di Base Ops Lanud Silas Papare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com