TNI Kerahkan Pesawat Pendeteksi Panas dan Logam Cari Helikopter yang Hilang Kontak di Papua

Kompas.com - 02/07/2019, 18:15 WIB
Pesawat CN235 milik TNI AU yang digunakan untuk menyuplai BBM dalam rangka pencarian Helikopter MI-17 milik TNI AD yang hilang di Pegunungan Bintang, Papua, sejak 28 Juni 2019 (30/06/2019) Dhias SuwandiPesawat CN235 milik TNI AU yang digunakan untuk menyuplai BBM dalam rangka pencarian Helikopter MI-17 milik TNI AD yang hilang di Pegunungan Bintang, Papua, sejak 28 Juni 2019 (30/06/2019)

JAYAPURA, KOMPAS.com - Lima hari proses pencarian helikopter MI-17 milik TNI AD yang hilang sejak 28 Juni 2019 di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, belum juga membuahkan hasil.

Rencananya, Rabu (3/7/2019), TNI AU akan menurunkan pesawat yang memiliki teknologi pendeteksi panas dan logam untuk membantu pencarian.

"Kita rencanakan untuk besok hari, apa bila sudah siap, pesawat CN235 yang selama ini kami gunakan akan digantikan dengan CN235 MPA, jenisnya sama namun spesifikasinya berbeda. CN235 MPA ini mempunyai kemampuan mendeteksi panas dan logam," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, di Jayapura, Selasa (2/7/2019).


Baca juga: Hari Ke-5 Pencarian Helikopter Hilang di Papua, Tim Udara Sambangi 3 Distrik

Pesawat tersebut, sambung Dax, belum akan membantu pencarian di Pegunungan Bintang karena sudah ada dua heli jenis Bell yang melakukannya.

Informasi dari warga di Kabupaten Jayapura yang mengaku sempat mendengar suara helikopter pada Jumat lalu, akan didalami melalui jalur udara.

"Kami akan menggunakan pesawat itu untuk menyisiri sektor Lereh dan Airu, Kabupaten Jayapura. Sementara heli Bell tetap kami fokuskan di Oksibil," ujar Dax.

Baca juga: Selasa, Pencarian Helikopter Hilang di Papua Dilanjutkan ke Arah Distrik Kiwirok

Sebelumnya, helikopter MI-17 milik Penerbad TNI AD hilang kontak sesaat lepas landas dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pesawat tersebut dilaporkan membawa 12 orang terdiri dari tujuh orang kru dan lima orang personel Satgas Yonif 725/Wrg yang akan melaksanakan pergantian Pos.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X