Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman PPDB Jabar 2019, Siswa yang Tak Lulus Jangan Kecil Hati...

Kompas.com - 29/06/2019, 13:01 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 diumumkan pada Sabtu (29/6/2019) pukul 13.00 WIB. Pengumuman bisa diakses melalui situs resmi PPDB 2019, ppdb.disdik.jabarprov.go.id atau datang langsung ke sekolah.

"Pengumuman di sekolah dibuka pukul 13.00 WIB. Sedangkan di web bisa diakses mulai besok," ujar Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika seperti dikutip dari situs resmi Disdik Jabar, Sabtu (29/6/2019).

Dewi mengimbau siswa yang diterima, baik di pilihan pertama, kedua maupun ketiga harap segera mengambil bukti kelulusan di sekolah pilihan pertama pada 29 Juni-1 Juli 2019. Setelahnya, pendaftar segera mempersiapkan persyaratan lain untuk daftar ulang yang dibuka pada 1-2 Juli 2019.

"Persyaratan daftar ulang bisa dilihat di satuan pendidikan masing-masing," ujar Dewi.

Baca juga: Begini Cara Mengakses Pengumuman PPDB Jabar 2019

Sedangkan bagi siswa yang tidak diterima, Dewi meminta siswa untuk tidak berkecil hati. Dewi mengatakan, banyak sekolah swasta yang mutu dan kualiatasnya tidak kalah dengan sekolah negeri.

"Sekolah swasta juga bagus. Kami sudah berkoordinasi dengan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) agar sama-sama menyelenggarakan pendidikan berkualitas di Jabar," tuturnya.

Dia pun berharap semua pihak bisa menerima keputusan seleksi ini dengan bijak.

"Kami juga akan terus melakukan perbaikan agar PPDB tahun depan dapat berjalan lebih baik," tuturnya.

Baca juga: Gengsi Sekolah Favorit: SMAN 3 dan 5 Bandung, Sekolahnya Para Menak, Pejabat, hingga Artis

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku sudah memastikan bahwa server sudah siap untuk menampung kunjungan masyarakat.

"Sistem yang kami lakukan punya daya tahan karena setelah kami lakukan pengecekan, itu diuji coba simulasi pendaftaran sejuta dalam waktu bersamaan," kata Iwa, Sabtu (29/6/2019).

Meski demikian, Iwa tetap meminta Dinas Pendidikan Jabar untuk mentiapkan langkah alternatif jika server mengalami gangguan.

"Alhamdulillah server itu tangguh dan terbukti gak ada masalah. Tetap kita akan siapkan alternatif," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com