Mahfud MD: Tindakan Kepolisian Tangani Kasus Kerusuhan 22 Mei Sudah Benar

Kompas.com - 16/06/2019, 18:55 WIB
Mantan Ketua MK Mahfud MD saat menghadiri halal bihalal bersama Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar di Pontianak, Minggu (16/6/2019).KOMPAS.com/HENDRA CIPTA Mantan Ketua MK Mahfud MD saat menghadiri halal bihalal bersama Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar di Pontianak, Minggu (16/6/2019).


PONTIANAK, KOMPAS.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai, kepolisian dalam menangani aksi 22 Mei yang berujung rusuh sudah profesional dan terukur.

"Sampai polisinya diejek pun masih tetap sabar dan mengamankan keadaan," kata Mahfud, saat menghadiri halalbihalal bersama Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (16/9/2019).

Baca juga: Survei SMRC, Kondisi Penegakan Hukum Sebelum dan Sesudah Kerusuhan 22 Mei Dinilai Baik

Menurut dia, kepolisian telah melindungi pengunjuk rasa yang melakukan aksinya secara damai, sampai melakukan shalat taraweh bersama. Tiba-tiba setelah semua tenang, datang perusuh.

"Semua yang dilakukan, termasuk penangkapan orang-orang, penetapan tersangka, berdasarkan bukti visual serta pengakuan orang yang telah tertangkap," ucap dia.

Monitor warga Madura di Kalbar

Sementara itu, Mahfud mengaku, sudah berkali-kali datang ke Kalimantan Barat serta selalu memonitor masyarakat Madura yang ada di Bumi Khatulistiwa.

Baca juga: Pembakar Mobil Brimob Saat Kerusuhan 22 Mei Mengaku Dibayar

Dia menilai, masyarakat Madura telah berinteraksi dengan baik dengan seluruh masyarakat yang berbeda-beda suku dan agama.

Dia meminta hubungan baik antar masyarakat untuk selalu dijaga. Karena silaturahim pada intinya adalah menjalin hubungan baik. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X