Kapolres Belitung: Perahu Wisatawan Tenggelam karena Kelebihan Muatan

Kompas.com - 09/06/2019, 17:34 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi

BELITUNG, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Resor Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Yuhdis Wibisana, menyatakan, perahu jenis sampan yang terbalik dan tenggelam di laut Pulau Lengkuas karena kelebihan muatan.

"Hasil penyelidikan sementara, perahu itu terbalik karena kelebihan muatan, yaitu mencapai 25 orang. Sementara kapasitasnya tidak mencapai jumlah tersebut," katanya di Tanjungpandan, Minggu (9/6/2019), seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, perahu jenis sampan itu berukuran sangat kecil dan biasanya itu jenis perahu nelayan. Namun, diisi sebanyak 25 wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Lengkuas.

"Sampan itu terbalik saat lima menit melakukan pelayaran, sudah berada di antara laut dangkal dan laut dalam," ujarnya.

Dalam insiden tersebut, sebanyak satu wisatawan dinyatakan meninggal dunia, empat orang dalam perawatan medis dan sisanya tidak mengalami gangguan kesehatan.

"Perahu terlalu kecil tidak layak jalan, ditambah pula muatannya sangat banyak yang semuanya adalah wisatawan lokal yang hendak menuju objek wisata Pulau Lengkuas," ujarnya.

Pulau Lengkuas merupakan satu dari sejumlah objek wisata potensial di Pulau Belitung dan merupakan bagian pulau terkecil yang mengelilingi Pulau Belitung.

Satu yang menjadi daya tarik wisatawan di pulau ini karena terdapat sebuah mercusuar tua yang dibangun kolonial Belanda pada 1882.

Hingga sekarang mercusuar itu masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalulintas kapal yang berlayar di sekitar Pulau Belitung.

Selain itu, Pulau Lengkuas memiliki daya tarik tersendiri dengan kondisi pantai yang cukup landai, lautnya cukup tenang dan pasir pantai yang berwarna kuning berkilau.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X