H-9 Jelang Lebaran, Tiket Kereta Api Palembang-Lampung Habis Terjual

Kompas.com - 26/05/2019, 17:20 WIB
Para pemudik mulai berangsur ramai di stasiun Kertapati Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (26/5/2019). Puncak arus mudik, diprediksi akan terjadi pada H-5 sebelum lebaran. KOMPAS.com/AJI YK PUTRAPara pemudik mulai berangsur ramai di stasiun Kertapati Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (26/5/2019). Puncak arus mudik, diprediksi akan terjadi pada H-5 sebelum lebaran.

PALEMBANG, KOMPAS.com- Memasuki sembilan hari sebelum lebaran, tiket kereta api kelas ekonomi tujuan Palembang-Tanjung Karang, Lampung dan Palembang-Lubuk Linggau habis terjual.

Executive Vice President PT Kereta Api Divre III Palembang Mochamad Purnomosidi mengatakan, saat ini hanya tersisa tiket kelas Bisnis dan Executive untuk rute Palembang-Tanjung Karang, Lampung maupun Palembang-Lubuk Linggau.

Tingginya minat yang membeli tiket kelas ekonomi, selain harganya murah, fasilitas gerbong yang nyaman dengan kelas Bisnis menjadikan masyarakat telah jauh hari membeli tiket. 


"Untuk penjualan tiket Bisnis dan Executive di dua rute tersebut (Palembang-Tanjung Karang dan Palembang-Lubuk Linggau) saat ini masih tersedia sekitar 40 persen. Sementara, tiket kelas ekonomi untuk tanggal 26 Mei sampai 15 Juni sudah habis," katanya, Minggu (26/5/2019).

Baca juga: PT KAI Daop 5 Tempatkan Petugas di 12 Lokasi Rawan Bencana

Dilanjutkan Mochamad, para penumpang hanya diperbolehkan menggunakan bagasi dengan berat maksimal 20 kilogram. Jika melebihi bagasi yang ditentukan, maka penumpang akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap kilogramnya.

Yakni untuk penumpang eksekutif dikenakan Rp 10.000, Bisnis Rp 6.000 kelas bisnis dan Ekonomi Rp 2.000.

"Sesuai dengan aturan yang ditentukan, penumpang hanya boleh membawa 20 kilogram barang. Selebihnya ada biaya tambahan," ujarnya.

Baca juga: PT KAI Daop 1 Naikkan Jumlah Kursi Selama Lebaran Jadi 957.282

Pada musim mudik tahun ini, sebanyak 81.984 tempat duduk disiapkan PT KAI Divre III Palembang, untuk dua rute yakni Palembang-Tanjung Karang dan Palembang-Lubuk Linggau. Sementara untuk perhari, setidaknya 3.738 kursi yang disediakan.

"Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 sebelum lebaran karena sudah memasuki masa libur," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X