Ridwan Kamil Perintahkan Pemda Tertibkan Pasar Tumpah dan Delman Saat Arus Mudik

Kompas.com - 07/05/2019, 18:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat koordinasi angkutan Lebaran 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (7/5/2019). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat koordinasi angkutan Lebaran 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (7/5/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan tiap kepala daerah di Jawa Barat untuk menertibkan lokasi yang kerap dijadikan pasar tumpah guna meminimalisir titik kemacetan selama arus mudik dan arus balik.

Hal itu ia ungkapkan dalam rapat koordinasi angkutan Lebaran 2019 bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan para Kepala Dinas Perhubungan kabupaten dan kota se-Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (7/5/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Proyek Infrastruktur di Jalur Jakarta-Bekasi Dihentikan Selama Arus Mudik

Selain itu, ia juga meminta tiap kepala daerah memberi kompensasi delman yang punya potensi menghambat arus lalu lintas selama mudik.

"Khusus (pemudik) non-tol kami sudah perintahkan tidak ada pasar tumpah, mengompensasi delman yang mungkin memacetkan," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Emil juga menginstruksikan Dinas Perhubungan berimprovisasi untuk meminimalisir segala potensi kemacetan seperti memasang pembatas jalan atau menyediakan rute tambahan.

"Intinya berimprovisasi Kadishub dan Kepala Daerah tapi dengan koordinasi dengan pemerintah wilayah, kementrian, dan kepolisian," paparnya.

Baca juga: Selama Ramadhan, Ridwan Kamil Kurangi Agenda Malam Hari

Tak hanya itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tak menggunakan kendaraan roda dua saat mudik untuk mengurangi risiko kecelakaan.

"Perilaku pemudik kami imbau mengurangi menggunakan motor, kalaupun naik motor maksimal 100 km jaraknya sehingga mengurangi potensi kelelahan luar biasa. Kami perintahkan juga rest area dibangun sementara," jelasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X