Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKD Klaim Jokowi-Ma'ruf Amin Hanya Kalah di 4 Daerah di Jatim

Kompas.com - 18/04/2019, 15:32 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur mengklaim hanya mengalami kekalahan Pilpres 2019 di empat daerah di Jatim. Keempat daerah itu adalah Sampang, Pamekasan, Sumenep, dan Pacitan.

Data yang dihimpun dari 260.000 saksi yang disebar di 130.000 TPS di seluruh Jawa Timur, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang di 34 kabupaten dan kota dari 38 kabupaten dan kota di Jatim.

"Hingga saat ini data masih terus diinput. Data yang masuk sudah 65 persen. Kita optimistis di Jatim bisa menang 70 persen," kata Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur, Machfud Arifin, Jumat (18/4/2019).

Baca juga: Quick Count Menangkan Prabowo di Sulsel, Ketua TKD Sebut Jokowi-Maruf Kalah Karena Pengaruh Hoaks

Kata mantan Kapolda Jawa Timur itu, 4 daerah tempat kekalahan Jokowi-Ma'ruf Amin itu dikenal memang basis pendukung Prabowo-Sandi. Tapi secara umum, selisih di Madura angkanya tidak lagi setinggi pada 2014, lalu ketika Prabowo menang rata-rata 70 persen. Tahun ini selisihnya lebih tipis.

Jumlah daerah yang kalah di Jawa Timur, menurutnya, juga berkurang drastis dibanding Pilpres 2014. Saat itu, tercatat 14 daerah yang kalah.

"Ini bukti bahwa masyarakat Jawa Timur sudah merasakan dan memanfaatkan program pembangunan Jokowi," jelasnya.

Sementara itu, hasil hitung cepat Pilpres 2019 yang dirilis oleh Litbang Kompas pada Rabu (17/4/2019) hingga pukul 21.15 WIB menunjukkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 64,65 persen suara di Jawa Timur.

Sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 35,35 persen.

Baca juga: Jokowi-Maruf Unggul Versi Quick Count, TKD Jatim Ucapkan Terima Kasih

Berdasarkan peta sebaran dalam hitung cepat ini, Jokowi-Ma'ruf unggul secara merata di seluruh wilayah Jawa Timur. Sementara, Prabowo unggul telak di Madura dan unggul di sebagian Bondowoso, Situbondo, dan Pacitan.

Di Jawa Timur, Litbang Kompas mengambil 324 sampel TPS dengan margin of error di bawah dua persen. Sedangkan total ada 2.000 sampel TPS dengan margin of error di bawah satu persen yang diambil Litbang Kompas untuk merilis hasil quick count secara nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com