Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikawal Polisi, KPU Surakarta Distribusikan Ribuan Logistik Pemilu 2019 ke PPS

Kompas.com - 15/04/2019, 18:17 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/4/2019). Logistik Pemilu 2019 yang didistribusikan itu terdiri dari kotak suara dan bilik suara.

Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti mengatakan, ada sebanyak 8.821 kotak suara dan 6.936 bilik suara yang didistribusikan ke masing-masing PPS. Proses distribusi logistik tersebut dikawal oleh aparat kepolisian dari Polresta Surakarta.

"Hari ini KPU mendistribusikan logistik Pemilu ke PPS. Kemudian besuk pendistribusian ke TPS. Jadi, paling lambat H-1 seluruh logistik untuk Pemilu 2019 harus sudah sampai di TPS," jelas Nurul ditemui di Kantor KPU Surakarta Jalan Kahuripan Utara Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Senin.

Baca juga: Satu Karung Surat Suara DPD Sumbar Ditemukan Tercecer di Riau

Logistik Pemilu yang didistribusikan untuk Kecamatan Laweyan ada 1.510 kotak suara dan 1.184 bilik suara, Kecamatan Serengan ada 797 kotak suara dan 620 bilik suara, Kecamatan Pasar Kliwon ada 1.288 kotak suara dan 1.008 bilik suara, Kecamatan Jebres ada 2.251 kotak suara dan 1.772 bilik suara dan Kecamatan Banjarsari ada 2.975 kotak suara dan 2.352 bilik suara.

Nurul juga menyampaikan, pada pelaksanaan pencoblosan 17 April, KPU Surakarta melayani pencoblosan mobile bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke TPS karena sakit di rumah, pasien rawat inap rumah sakit dan Polsek.

"Satu jam sebelum penutupan petugas TPS dan saksi mendatangi dan melayani masyarakat yang tidak bisa datang ke TPS," tandasnya.

Baca juga: Di Cianjur, Bawaslu Temukan Pengemasan Logistik Pemilu di Luar Gudang

Sementara itu proses pendistribusian logistik Pemilu 2019 ke masing-masing PPS tersebut dengan menggunakan truk milik Pos Indonesia.

Hal ini demi keamanan dan kelancaran selama proses pendistribusian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com