Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Polman Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Wilayah Terpencil

Kompas.com - 11/04/2019, 13:05 WIB
Junaedi,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Enam hari menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di wilayah terpencil dan jauh dari pusat kota Polewali Mandar (Polman).

KPU menargetkan, proses distribusi surat suara seluruhnya tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) satu hari sebelum hari H Pemilu (17/4/2019) mendatang.

Ketua KPU Polman, Rudianto mengatakan, distribusi logistik pemilu hari ini dilakukan ke tiga kecamatan yakni Allu, Tutar, dan Matangnga.

Baca juga: Targetkan 4 Hari Rampung, KPU Polman Tambah 500 Petugas Sortir

Sesuai dengan petunjuk tekhnis (juknis) yakni tiga kecamatan ini diprioritaskan lebih dahulu, sebab wilayah ini merupakan wilayah yang terpencil jauh dan sulit dijangkau.

Sementara untuk wilayah kecamatan lainnya, relatif mudah dijangkau dan lokasinya dekat akan distribusikan pada pekan depan.

"Secara geografis, wilayahnya memang berada diatas pegunungan dan sulit dijangkau," jelasnya.

Baca juga: 100 Polisi Bersenjata Lengkap Kawal Distribusi Logistik Pemilu di Sumedang

Distribusi kebutuhan logistik ini dilakukan di tiga lokasi, yakni gedung Nasional pantai Bahari Polewali, Gedung SLB, dan gedung sport center Polewali mandar.

Pendistribusian ini disaksikan langsung oleh seluruh Komisioner KPU, Bawaslu, TNI, Polri, Pemkab, dan beberapa staleholder KPU lainnya.

Sebanyak 630 kotak suara yang berisi logsitik pemilu diangkut menggunakan mobil truk dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian bersenjata lengkap, mulai dari lokasi gudang KPU hingga ke kecamatan atau PPK tujuan.

Logistik pemilu ini diantaranya, surat suara yang terdiri dari lima surat suara pemilihan Presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi DPRD Kabupaten, formulir, segel, alat mencoblos, tinta, alat bantu tuna netra dan bantalan, serta kebutuhan logistik pemilu lainnya yang akan digunakan di TPS nantinya.

Baca juga: Distribusi Logistik Pemilu, KPU Minta Bantuan TNI

Untuk Kecamatan Allu, terdiri dari 43 TPS mendapatkan sebanyak 215 kotak suara, Kecamatan Tutar memiliki 64 TPS mendapatkan 320 kotak suara, sedang Kecamatan Matangnga 19 TPS mendapatkan 95 kotak suara.

KPU menargetkan, distribusi logistik pemilu hingga ke daerah-daerah terpencil ini diprediksi akan rampung pada (14/4/2019) mendatang.

Selanjutnya, logistik akan disimpan di masing-masing kecamatan, kemudian logistik Pemilu akan didistribusikan ke TPS desa/kelurahan sehari sebelum hari pencoblosan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com