Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Jadikan Rumah Bung Tomo sebagai Posko Pemenangan Prabowo-Sandiaga

Kompas.com - 31/03/2019, 15:15 WIB
Andi Hartik,
Icha Rastika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Keluarga Sutomo atau biasa dikenal Bung Tomo menyatakan dukungan mereka terhadap pasangan nomor urut, 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Minggu (31/3/2019).

Sebuah rumah di Jalan Ijen Bomor 6 Kota Malang dijadikan rumah pemenangan Prabowo-Sandi.

Rumah tersebut merupakan peninggalan Bung Tomo yang menjadi pahlawan dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya melawan tentara Inggris.

"Terima kasih kepada Bu Nana (Ratna Sulistami Sutomo) dan keluarga besar Bung Tomo yang sudah mendonasikan rumahnya untuk perjuangan Prabowo-Sandi menghasilkan Indonesia adil makmur yang membuka lapangan kerja dan ekonomi yang lebih memberikan kesempatan peluang kepada anak-anak negeri," kata Sandiaga Uno saat mendatangi rumah tersebut.

Baca juga: Prabowo Pertanyakan Penonton yang Tertawa Saat Debat, Ini Tanggapan TKN

Anak ke-4 Bung Tomo, Ratna Sulistami Sutomo atau biasa dipanggil Nana Sutomo, mengatakan, dukungan itu diberikan karena adanya kesamaan antara visi antara ayahnya semasa hidup dan Prabowo-Sandi.

Kesamaan itu adalah kepedulian terhadap rakyat kecil.

"Yang mendasari adalah bahwa Pak Prabowo dan Sandi memiliki visi yang sama dengan bapak kami. Bapak kami adalah pro-rakyat kecil, bapak kami pro-rakyat kecil dari dulu sampai sekarang (sampai meninggal) beliau selalu membantu dan terlibat di dalam keadilan yang harus ditegakkan," kata dia.

Setelah Indonesia menjadi negara yang merdeka, Nana sebagai anak terakhir mengaku kerap melihat Bung Tomo datang ke masyarakat kecil dan membela kepentingannya.

"Setelah tidak ada masalah-masalah di rakyat, setelah merdeka ya saya lihat dengan mata kepala sendiri dia langsung terjun ke masyarakat kemudian membela mereka," ucap dia.

Nana mengaku tidak kali ini saja menilai Prabowo-Sandi. Nana sudah sejak lama mengenalnya dan menemui ada kesamaan visi dengan ayahnya.

Baca juga: Kemenlu Tanggapi Pernyataan Prabowo soal Diplomasi Indonesia

Karenanya, ia membuka rumah Bung Tomo yang masih kokoh dengan arsitektur lama untuk digunakan sebagai rumah pemenangan Prabowo-Sandi.

"Ini saya lihat dari sosok kedua calon ini sudah sejak lama. Tidak hanya dari pilpres ini. Ada kesamaan. Karena kesamaan itu kita melihat mengapa ini tidak kita dukung. Karena kita tidak bisa mendukung orang hanya dalam mulutnya saja," kata dia.

Pada kesempatan itu, Nana sebagai perwakilan keluarga juga memberikan sebuah buku berjudul Universal Intelligence kepada Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com