Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Di Jabar, 5 Milenial Meninggal Tiap Hari Akibat Kecelakaan

Kompas.com - 24/02/2019, 19:24 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Polres Tasikmalaya Kota menjadi tuan rumah ke-11 kampanye Safety Riding bersama kaum milenial di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

Sesuai data Dirlantas Polda Jabar bahwa hampir tiap hari lima orang meninggal akibat kecelakaan di lingkungan hukum Jawa Barat.

"Kami ketahui setiap hari lima korban meninggal akibat kecelakaan di Jabar. Jadi selama sebulan, ada 150 korban meninggal oleh kecelakaan kendaraan bermotor. 56 persennya korban meninggal adalah kaum milenial," jelas Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Mohammad Aris, di acara Deklarasi Safety Riding Polres Tasikmalaya Kota, Dadaha, Minggu (24/2/2019). 

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas di Sumedang Diklaim Turun 50 Persen

Aris menambahkan, bahayanya kematian akibat kecelakaan lalu lintas itu membuat pihaknya secara masif menyosialisasikan aman berkendara. Khususnya, bagi kaum milenial dari usia 17-35 tahun.

"Gerakan Safety Riding ini bukan hanya digalakkan secara nasional saja, tapi juga internasional," ungkap dia.

Saat ini, kematian diakibatkan oleh kecelakaan saat berkendara masuk peringkat lima disejajarkan dengan penyakit mematikan lainnya. Jika terus tak ada pencegahan, generasi bangsa akan terus berkurang kalau keamanan berkendara tak disadari secara serius.

"Kecelakaan sudah masuk lima besar penyebab kematian disejajarkan dengan penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. Kita di Jawa Barat dan bersamaan secara Nasional, kampanye ini terus digelar di beberapa kota dan kabupaten di Jabar," tambahnya.

Baca juga: Mantan Pemain PSPS Riau Tewas Kecelakaan Bersama Istri dan Anaknya

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, mengaku siap berperan aktif membantu Kepolisian untuk berkampanye aman berkendara kepada kaum milenial Tasikmalaya. Mulai dari sosialisasi di sekolah-sekolah, kampus dan tempat pekerjaan.

"Tentunya, pemerintah ikut berperan dalam sosialisasi safety riding ini. Kita berupaya juga untuk kepada kaum milenial sadar bahwa kecelakaan saat berkendara bisa mematikan," tambah dia yang hadir di lokasi acara.

Kampanye safety riding Jabar di Kota Tasikmalaya berjalan sangat meriah diikuti ribuan kaum milenial dari berbagai kalangan. Mulai dari pagelaran pertunjukan motor gede Srikandi Polda Jabar, Freestyle Tasik, dan dimeriahkan artis komedian Doyok dan kawan-kawan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com