Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Begini Penampakan Logam Diduga Emas 24 Karat Bergambar Soekarno

Kompas.com - 12/02/2019, 19:33 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG,KOMPAS.com - Logam yang diduga emas 24 karat ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, ketika hendak menggali tiang pondasi rumah.

SA (36) adalah orang yang pertama kali menemukan logam berbentuk balok bertuliskan "Gold 24K" tahun 1818. Selain itu, wajah Presiden RI pertama Soekarno juga terukir di permukaan batangan logam tersebut.

Baca selengkapnya: Gali Fondasi Rumah, Warga Temukan Logam Bertuliskan Gold 24 K Bergambar Soekarno

Kepala Desa Sukarame Rosihan mengatakan, penemuan itu berlangsung pada Kamis (7/2/2019). Awalnya, menurut dia, SA sedang menggali tanah untuk membuat pondasi rumah bersama anggota keluarganya yang lain secara bergotong royong.

Menurut Rosihan, SA bersama keluarganya telah menyimpan logam tersebut di kediaman mereka untuk diamankan. Berikut foto-foto penemuan logam yang diduga emas tersebut: 

 

Dua logam yang diduga emas bergambar Soekarno serta satu keris saat ditemukan oleh warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.HANDOUT Dua logam yang diduga emas bergambar Soekarno serta satu keris saat ditemukan oleh warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Logam yang diduga emas 24 karat bergambar Soekarno ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.HANDOUT Logam yang diduga emas 24 karat bergambar Soekarno ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Emas berbentuk naga yang ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.HANDOUT Emas berbentuk naga yang ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Logam diduga emas 24 karat yang bergambar Soekarno ditemukan warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.HANDOUT Logam diduga emas 24 karat yang bergambar Soekarno ditemukan warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com