Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Fondasi Rumah, Warga Temukan Logam Bertuliskan "Gold 24 K" Bergambar Soekarno

Kompas.com - 12/02/2019, 18:13 WIB
Aji YK Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan menemukan dua logam berwarna emas bergambar Presiden Soekarno saat sedang menggali fondasi rumah.

Kepala Desa Sukarame Rosihan mengatakan, penemuan itu berlangsung pada Kamis (7/2/2019) lalu. Awalnya seorang warga berinisial SA (36) sedang menggali tanah untuk membuat fondasi rumah bersama keluarganya.

Namun, saat penggalian dilakukan, cangkul yang digunakannya terkena benda keras yang dikira adalah batu. Saat digali lebih dalam, SA menemukan satu batang logam berwarna emas bergambar Soekarno dan sebilah keris berbentuk naga dengan warna yang sama.

"Rumah SA itu terbakar, dia sama keluarganya bermaksud mau bangun lagi. Tapi saat gali fondasi, menemukan benda itu (diduga emas)," kata Rosihan saat dihubungi, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Tunawisma Kembalikan Emas Bernilai Rp 180 Juta ke Pemiliknya

Logam diduga emas itu selain bergambar Soekarno, juga tertulis "Gold 24 K" serta tertulis tahun 1818. Belum dipastikan kebenaran apakah benda tersebut memiliki kandungan emas.

SA bersama keluarganya telah menyimpan logam tersebut.

"Saya juga tidak bisa memastikan itu asli apa palsu, karena memang harus dipastikan dulu apa ada kandungan emasnya. Ya sekarang emasnya masih disimpan mereka karena itu kan ditemukan di rumah mereka," ujarnya.

 

Emas berbentuk naga yang ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.HANDOUT Emas berbentuk naga yang ditemukan warga di Desa Sukarame, Kecamatan Lintang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan Retno Purwanti mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan terkait penemuan logam yang diduga emas bergambar Soekarno tersebut.

Retno mengatakan, temuan logam yang diduga emas itu sulit dibuktikan usianya. Namun, kadar keaslian emas bisa diperiksa. 

"Itu bukan barang purbakala, jadi kalau keaslian kadarnya bisa dicek di Pegadaian. Soal tahun berapa pembuatan itu sulit untuk diteliti karena siapapun bisa membuat emas bergambar Soekarno," kata Retno saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Raib Dicuri, Mahkota Emas Kerajaan Swedia Ditemukan di Tempat Sampah

Retno mengatakan, logam berwarna emas bergambar Soekarno di Sumatera Selatan bukan pertama kalinya ditemukan. Sejumlah warga pernah menemukan logam berbentuk emas bergambar Presiden RI pertama tersebut di wilayah lain seperti di Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan kawasan Air Sugihan.

"Memang sudah sering, ini bukan kejadian yang luar biasa. Kalau emas batangan seperti itu juga perlu diragukan, harus dicek dulu apakah benar kadar emasnya ada atau tidak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com