Kepala Kesbangpol Sulut: 104 Ormas Beroperasi Tanpa Izin

Kompas.com - 29/01/2019, 19:12 WIB
Kepala Kesbangpol Sulut Mecky Onibala saat diwawancarai di kantor DPRD Sulut, Selasa (29/01/2019). KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEYKepala Kesbangpol Sulut Mecky Onibala saat diwawancarai di kantor DPRD Sulut, Selasa (29/01/2019).

MANADO, KOMPAS.com - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Utara Mecky Onibala mengatakan, ada ratusan organisasi masyarakat ( ormas) di Sulut ilegal.

Kesbangpol mencatat, terdapat 104 ormas yang beroperasi tanpa izin.

Hal ini diungkapkan oleh Mecky saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi I DPRD Sulut, di Kantor DPRD Sulut, Selasa (29/1/2019).

"Tercatat ada 104 organisasi masyarakat yang beroprasi tanpa izin alias ilegal. Namun, untungnya mereka masih bisa dikendalikan. Maksudnya, saat hendak melaksanakan aksi demo, ketika dilarang, mereka masih mengikuti imbauan pemerintah," kata dia.

Baca juga: Datangi Istana, Pimpinan Ormas Islam Doakan Jokowi Menang Pilpres

"Kita terus melakukan pendataan. Yang jelas, kalau melakukan demo, harus ormas-ormas yang terdaftar atau legal," tambah Mecky.

Terkait hal ini, Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang meminta ormas yang masuk daftar ilegal untuk kiranya dapat melengkapi persyaratan.

"DPRD mendorong agar ormas yang berstatus ilegal dapat mengurus persyaratan sesuai ketentuan," ujar dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X