Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Muara Enim Kunjungi Nur Hagiqi, Bayi Tanpa Anus dan Bibir Sumbing

Kompas.com - 09/01/2019, 11:18 WIB
Amriza Nursatria,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MUARA ENIM, KOMPAS.com - Kabar soal seorang bayi bernama Nur Haqiqi Warga Desa Talang Taling Kecamatan Gelumbang Muara Enim Suatera Selatan, yang terlahir tanpa memiliki lubang anus dan kondisi bibir sumbing, sampai ke telinga Bupati Kabupaten Muara Enim Ahmad Yani.

Tak menunggu lama Bupati Ahmad Yani yang belum lama dilantik ini, langsung datang membesuk bayi Nur Haqiqi dan menjamin biaya operasi Nur Haqiqi ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Muara Enim.

Kedatangan Ahmad Yani membesuk bayi Nur Haqiqi juga mengajak sejumlah staf Dinas Kesehatan Muara Enim dan Kepala Rumah Sakit Umum Gelumbang.

Tiba di rumah orang tua Nur Haqiqi, Syaifuddin dan Siti Komariah, Ahmad Yani langsung masuk dan melihat kondisi Nur Haqiqi yang terbaring lemah.

Ahmad Yani sempat menanyakan kondisi Nur Haqiqi kepada Siti Komariah dan kepala rumah sakit setempat.

Baca juga: Terlahir Tanpa Anus dan Bibir Sumbing, Bayi Nur Haqiqi Butuh Pertolongan

Kepada wartawan usai menjenguk Nur Haqiqi Ahmad Yani mengatakan, bahwa ia sudah memerintahkan stafnya di dinas kesehatan untuk memperhatikan kesehatan Nur Haqiqi termasuk segera membawa Nur Haqiqi ke rumah sakit di palembang untuk dilakukan operasi.

Soal pembiayan jelas Ahmad Yani, sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah kabupaten muara enim melalui program BPJS.

“ Semua sudah siap (untuk dibawa ke rumah sakit), tinggal pihak orang tuanya kapan anaknya mau dioperasi, untuk pembiayaan ditanggung oleh pemerintah kabupaten Muara Enim melalui program BPJS,” katanya

Ahmad Yani juga sempat memberikan bantuan uang kepada orang tua Nur Haqiqi untuk membeli keperluan NUr Haqiqi.

Sementara salah seorang staf Dinas Kesehatan Muara Enim mengatakan, mereka akan terus memantau kondisi Nur Haqiqi sembari menyiapkan segara persayaratan adminstrasi beberapa hari ini, untuk dapat merujuk bayi Nur Haqiqi ke rumah sakit di Palembang guna menjalani operasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com