Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Disdukcapil Jemput Bola Perekaman E-KTP di Panti Jompo dan Mal

Kompas.com - 27/12/2018, 19:29 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang melakukan jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el atau E-KTP) di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Daya dan Mal Technomart.

Kepala Disdukcapil Karawang Yudi Yudiawan mengatakan, jemput bola perekaman E-KTP tersebut untuk memastikan pada pemilu tahun depan seluruh warga Karawang sudah mempunyai E-KTP.

Hal ini sesuai edaran dari Menteri Dalam Negeri RI Nomor 471.13/24150/Dukcapil perihal Jemput Bola Perekaman E- KTP Serentak secara Nasional.

"Kami melakukan jemput bola di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Daya dan Mall Technomart. Namun sebelumnya, kami melakukan jemput bola (perekaman E-KTP) di LP (Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Karawang)," katanya.

Baca juga: Usahakan Warga Ikut Pemilu, Petugas Disdukcapil Rekam E-KTP di Tengah Ladang

Yudi menyebutkan, sebanyak 46 warga Karawang yang tinggal di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Daya, Telukjambe, Karawang belum melakukan perekaman E-KTP.

"Rata-rata usianya di atas 70 tahun. Sehingga perlu penjelasan, arahan, dan bimbingan khusus," kata Yudhi.

Saat ini, kata Yudhi, ada sekitar 4.265 warga Karawang yang belum melakukan perekaman E-KTP. Oleh karena itu, pada jemput bola kali ini Yudi menargetkan 50 persen di antaranya melakukan perekaman pada jemput bola perekaman tersebut.

"Kami terjunkan dua mobil pelayanan. Target kami 50 persen dari jumlah warga yang belum melakukan perekaman," katanya.

Baca juga: Ketua DPR Sarankan Kemendagri Buka Layanan Perekaman E-KTP di Keramaian

Pihaknya pun mengaku tak menemui kendala berarti dalam jemput bola perekaman tersebut. Hanya saja, kata dia, terjadi sedikit kendala pada jaringan.

"Karena serentak se-Indonesia, dan server pusat mungkin sedikit tersendat," katanya.

Jemput bola tersebut rencananya akan diakhiri pada pukul 16.00 WIB. Setelah direkap, hasilnya akan dikirim ke Kemendagri.

Hal ini berkaitan dengan kebutuhan blanko KTP-el, yang saat ini masih kekurangan sekitar 138.000 blanko. "Data ini ditunggu oleh pusat pukul 18.00 WIB," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com