Polres Karawang Buru Pelaku Pembuang Limbah B3 di DAS Kalimalang

Kompas.com - 12/12/2018, 13:54 WIB
Sebuah gudang rongsok di Dusun Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang disegel lantaran menampung limbah B3 cair. Limbah tersebut, kemudian dibuang di Das Kalimalang dan menimbulkan bau menyengat.

 KOMPAS.com/FARIDA FARHANSebuah gudang rongsok di Dusun Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang disegel lantaran menampung limbah B3 cair. Limbah tersebut, kemudian dibuang di Das Kalimalang dan menimbulkan bau menyengat.

KARAWANG, KOMPAS.om - Polres Karawang mengejar pelaku pembuang limbah cair B3 ke daerah aliran sungai (DAS) Kalimalang, Dusun Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Senin (10/12/2018) malam.

" Limbah B3 tersebut dibuang menggunakan mobil pick up. Setelah diketahui oleh masyarakat sekitar, pelaku langsung melarikan diri dan saat ini sedang dilakukan pengejaran dan penyelidikan oleh petugas," ujar Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, Rabu (12/12/2018).

Pihaknya, kata dia, bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang sudah mengambil sampel limbah dan air yang dibuang ke DAS Kalimalang.


Baca juga: Taman Suplesi Bekasi, Lahan Kosong di Pinggir Aliran Kalimalang yang Disulap Jadi Instagramable

" Pelaku ini membuang limbah cair pada Senin (10/12/2018) malam, yang sangat mengganggu masyarakat sekitar,” ujar Slamet.

Slamet menyebut, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa pemilik gudang sengaja membuang limbah B3 cair ke DAS Kalimalang.

"Yang akibatnya masyarakat sekitar harus menghirup bau yang sangat menyengat," kata dia.

Sementara, perihal korban terdampak limbah B3 tersebut, Slamet masih berkoordinasi dengan kepala desa dan warga sekitar lokasi pembuangan.

Untuk kepentingan penyelidikan, kata dia, gudang rongsok di Dusun Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, yang digunakan untuk penampungan dilakukan penyegelan.

"Gudang tersebut saat ini sudah kami segel, sementara sampel limbah tengah diuji di laboratorium," kata dia.

Baca juga: Melihat Perjalanan Desain Revitalisasi Sungai Kalimalang

Ketua RT di Dusun Cihereung, Rahim mengatakan, pembuangan limbah cair B3 ke DAS Kalimalang dilakukan Senin pukul 22.00 WIB. Saat itu, lanjut Rahim, baru dua drum yang dibuang.

“Sebetulnya limbah cair tersebut ada 6 drum, baru dibuang dua drum. Warga protes karena banyak yang muntah,” ungkap dia.

Menurut Rahim, pemilik gudang limbah tersebut bernama Fahri. Namun, sejak warga melayangkan protes, si pemilik langsung menghilang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X