Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tektonik Guncang Aceh Tengah saat Waktu Shalat Magrib

Kompas.com - 08/12/2018, 21:30 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,3 mengguncang Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Sabtu (8/12/2018).

Gempa yang terjadi sekitar Pukul 18.33 WIB itu sempat membuat warga setempat panik, karena datang gempa terjadi tepat saat Maghrib tiba.

Dari pantauan Kompas.com beberapa saat setelah gempa terjadi, sejumlah warga yang akan menunaikan ibadah shalat Maghrib langsung berlarian dari dalam rumah untuk menghindari gempa susulan.

Apalagi Aceh Tengah pernah mengalami gempa yang merusak rumah-rumah penduduk pada medio 2013 silam. Saat itu gempa bermagnitudo 6,1.

Sementara itu berdasarkan rilis yang diterima dari Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Edison Kurniawan, gempa tektonik magnitudo 4, 3 skala richter yang mengguncang Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi itu terjadi dengan koordinat episenter pada 4.67 Linrang Utara dan 96.53 Bujue Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 km arah Barat Laut Kabupaten Aceh Tengah, Aceh pada kedalaman 17 kilometer.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di wilayah Bener Meriah III MMI dan di Takengon II-III MMI," tulis Edison dalam rilis tersebut.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, lanjut Edison, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif segmen Aceh Tengah.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Aceh Tengah, Aceh, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," ungkap Edison.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh, gempa terasa bukan hanya terasa di Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah yang bersebelahan langsung dengan Aceh tengah turut merasakan guncangan gempa. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi korban jiwa atau kabar kerusakan setelah gempa terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com