Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gempa Lumayan Besar, Saya Langsung Jemput Anak di Sekolah..."

Kompas.com - 06/12/2018, 10:05 WIB
Karnia Septia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5,7 mengguncang Lombok, Kamis (6/12/2018) pukul 08.02 WIB dirasakan hingga Kota Mataram.

Pantauan Kompas.com di Jempong Baru, Kota Mataram, warga yang merasakan guncangan gempa, panik dan berhamburan ke luar rumah.

Sintha salah satu warga mengatakan ia yang saat gempa tengah menonton televisi langsung berlari ke luar rumah.

"Lumayan lama, pas di luar rumah masih terasa goyang cukup besar," kata Sintha Puspitasari kepada Kompas.com, Kamis (6/12/2018). 

Baca juga: Kamis Pagi, Gempa Magnitudo 5.7 Guncang NTB

Usai goyangan gempa mereda, dia langsung berganti baju untuk menjemput anaknya di sekolah RA Thariqul Izzah.

"Di sekolah teman-temannya sudah pada nangis semua, yang cewek-cewek terutama. Gurunya juga bingung, langsung saya bawa anak saya pulang," terang Sintha.

Sementara itu BMKG dalam rilis tertulis menyebutkan, Gempa tektonik terjadi Kamis, 6 Desember 2018, pukul 08.02.47 WIB, dirasakan di sebagian besar wilayah Lombok dan Bali.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan Magnitudo 5,7 yang setelah dimutakhirkan menjadi Magnitudo 5,3.

Baca juga: BMKG: Gempa Guncang Lombok Magnitudo 5,7 Tak Berpotensi Tsunami

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,5 LS dan 116,06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km arah barat laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km.

Penyebab gempa

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis, M.Sc

Dampak gempabumi ini dilaporkan menimbulkan guncangan di daerah Lombok Utara dalam skala intensitas VI MMI, Lombok Barat dan Mataram V MMI, Lombok Tengah dan Lombok Timur IV MMI, Denpasar III-IV MMI, Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua dan Sumbawa III MMI, Karangasem, Singaraja dan Kuta II-III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com