Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ziarah ke Makam Wali Songo dan Ulama di Gresik, Sandiaga Lihat Potensi Ekonomi

Kompas.com - 03/12/2018, 16:52 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (3/12/2018).

Di sela kunjungan, Sandiaga menyempatkan diri mengunjungi makam Wali Songo Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri, serta makam ulama di kompleks Masjid Jami, Habib Abu Bakar.

Tidak sekadar berziarah dan memanjatkan doa, Sandiaga juga melihat peluang ekonomi berbasis kerakyatan, yang dianggap bisa mendongkrak dan membangkitkan ekonomi berbasis wisata religi.

“Kita berziarah, belajar dari para pendahulu kita untuk membangkitkan ekonomi berbasis kedaerahan,” ujar Sandiaga, Senin (3/12/2018).

“Buat kami sangat penting, karena dilihat dari pertumbuhan ekonomi itu pariwisata menjadi lokomotif-nya. Kalau ini dikemas dengan baik, ini akan mendorong lapangan kerja, karena dengan ini ekonomi di sekitar akan tumbuh dan akan membuat lapangan kerja tercipta,” sambungnya.

Baca juga: Fakta di Balik Pertemuan Sandiaga dan Syafii Maarif, Petuah Menjadi Negarawan hingga Alasan Tak Hadiri Reuni 212

Hanya saja, Sandiaga tidak memungkiri bahwa selama ini potensi tersebut belum bisa berkembang dengan baik dalam rangka menyejahterakan masyarakat sekitar, lantaran masih ada hal-hal yang belum tercapai.

“Harus ada sinergi antara pemerintah pusat dengan daerah, juga dengan tokoh masyarakat dan agama. Jangan sampai inisiatif dari pemerintah tapi tidak melibatkan rakyat kecil-menengah di sini. Kita ingin melibatkan semua untuk mengangkat ekonomi di Gresik,” kata dia.

Baca juga: BERITA POPULER NUSANTARA: Polisi Tersambar Pesawat hingga Sandiaga Kunjungi Buya Syafii

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com