Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Belum Terima Surat dari Gubernur Terkait Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Kompas.com - 27/11/2018, 21:13 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku belum menerima surat resmi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah.

Seperti diketahui, Anna Sophanah mengundurkan diri sebagai Bupati Indramayu dengan alasan ingin banyak waktu bersama keluarga. Bahkan, Gubernur Jawa Barat pun telah menerima surat pengunduran diri Anna dan menunggu keputusan dari Kemendagri.

Namun ternyata, Mendagri hingga saat ini belum menerima surat resmi pengajuan pengunduran diri tersebut dari orang nomor satu di Jawa Barat itu.

"Kami belum menerima surat resmi pengajuan pengunduran Bupati Indramayu dari Gubernur," kata Tjahjo di Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/11/2018).

Baca juga: Mendagri Diimbau Tolak Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Dengan begitu, pihaknya belum dapat memberhentikan secara hormat Bupati Indramayu Anna Sophanah sekaligus belum bisa memberikan surat keputusan wakil bupati menjadi bupati definitif.

"Surat Gubernur itu sebagai dasar kami memberhentikan dengan hormat Bupati Indramayu sebagaimana yang diputuskan DPRD yang mendapat persetujuan pak Gubernur kemudian sebagai dasar kami membuat SK untuk menetapkan wakil bupati menjadi bupati," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Emil - sapaan akrab Ridwan Kamil - mengatakan, secara aturan posisi Anna akan digantikan oleh wakilnya, Supendi. Sementara, posisi wakil bupati akan dipilih oleh partai pendukung tersebut.

Meski Anna mengundurkan diri sebagai Bupati Indramayu, Emil bakal memastikan aktivitas pembangunan dan pelayanan publik tidak akan terkendala selama proses transisi kepemimpinan.

Kompas TV Tim SAR Posko Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat, melanjutkan pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP. Pada hari kelima, pencarian dikembangkan hingga ke arah timur dari titik jatuhnya pesawat. <br /> Upaya pencarian mulai mengarah ke timur sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.<br /> <br /> BMKG memprediksi arah angin laut Utara Karawang mengarah ke timur, Jumat (2/11) sehingga diduga kuat serpihan pesawat atau korban Lion Air terbawa hingga di wilayah Subang dan Indramayu.<br /> <br /> Penyisiran ke wilayah timur melibatkan 2.000 personel tim SAR posko Tanjung Pakis.<br /> <br /> Selain ke Indramayu dan Subang, tidak menutup kemungkinan tim SAR akan mendekati perairan Cirebon.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com