Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Ridwan Kamil, Kaus "Baju Kerja" asal Bandung Laris Manis

Kompas.com - 18/11/2018, 15:24 WIB
Putra Prima Perdana,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Brand clothing asal Kota Bandung, Invictus, belakangan ini ramai dicari orang setelah kaus nyeleneh bertuliskan ‘Baju Kerja’ menjadi viral karena dipakai oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kaus itu dipakai pria yang kerap disapa Emil itu saat menemani Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Owner brand Invictus, Dicky Sukmana (38), mengatakan, dalam kurun waktu dua minggu ke belakang, pegawainya kewalahan memproduksi kembali kaus bertuliskan "Baju Kerja" lantaran banjir pesanan.

“Stok kami sudah habis sekarang. Kami saja sudah tiga kali bikin. Soalnya sold out terus,” ungkap Dicky saat ditemui di Bandung, Minggu (18/11/2018).

Baca juga: Cerita di Balik Kaus Baju Kerja Ridwan Kamil: Produksi Lokal hingga Dipuji Jokowi

Meski demikian, Dicky enggan menyebutkan, angka pasti berapa banyak kaus bertuliskan ‘Baju Kerja’ terjual ke pasaran.

“Yang pasti meningkat signifikan,” katanya.

Dicky mengakui, banyaknya kaus ‘Baju Kerja’ yang terjual tidak lepas dari peran Ridwan Kamil yang mengunggah fotonya memakai kaus tersebut di akun Instagramnya yang telah diikuti oleh 9 juta orang hingga saat ini.

“Kami sangat terbantu sekali. Hatur nuhun Kang Emil, katampi pisan (sangat berarti),” ucapnya.

Tidak hanya kaus ‘Baju Kerja’ saja yang laris manis dipesan orang. Menurut Dicky, kaus dengan tulisan lainnya juga banyak dipesan pembeli.

“Tapi banyak juga yang pesan tulisannya yang lain seperti baju yoga, baju sepeda. Restoran juga banyak yang pesen baju barista, baju pelayan,” tuturnya.

Baca juga: Kaus Nyeleneh, Baju Kerja Gubernur Jabar Dipuji Presiden Jokowi

Dicky mengatakan, Invictus sebenarnya sejak dulu menerima pesanan kaus dalam jumlah sedikit. Satu biji pun akan dilayani. Oleh karena itu, kaus ‘Baju Kerja’ atau kaus dengan tulisan lainnya tetap bisa dipesan.

Positioning Invictus sendiri memang statement t-shirt. Jadi cuma tulisan saja. Desain kami simpel dan sederhana saja seperti seri baju kerja, baju Lebaran, seri 'its time to', 'part time' dan lain-lain,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com