Dua Elang Laut Jalani Masa Habituasi di Kawasan Sancang

Kompas.com - 30/10/2018, 17:39 WIB
Dua ekor elang laut yang menjalani masa habituasi di kawasan hutan Sancang, Kecamatan Cibalong Ari Maulana Karang/Kompas.com Dua ekor elang laut yang menjalani masa habituasi di kawasan hutan Sancang, Kecamatan Cibalong

GARUT, KOMPAS.com - Dua ekor elang laut dewasa yang telah menjalani masa rehabilitasi di Pusat Konservasi Elang Kamojang, sejak satu minggu lalu menjalani masa habituasi menjelang dilepasliarkan ke alam bebas di kawasan hutan Sancang, Kecamatan Cibalong.

Zaini Rakhman, manajer operasional Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEJ) mengungkapkan, masa habituasi menjadi satu keharusan sebagai bagian dari proses rehabilitasi sebelum seekor elang dilepasliarkan ke alam bebas.

"Biasanya butuh waktu sampai dua minggu (habituasi), bahkan bisa lebih tergantung perkembangan elang di masa habituasi," jelas Zaini, Selasa (30/10/2018).


Baca juga: Mengenal Elang Bondol yang Jadi Maskot Asian Para Games

Proses habituasi sendiri, merupakan upaya adaptasi satwa pada lingkungan sekitarnya sebelum dilepasliarkan.

Habituasi dilakukan dengan cara menempatkan elang di kandang ukuran besar di kawasan tempat pelepasliaran.

Selama di dalam kandang, elang diberi pakan asli yang ada di alam sekitarnya.

Apalagi, dua elang laut tersebut selama ini menjalani masa rehabilitasi di PKEJ yang berada di kawasan pegunungan.

"Ada perbedaan cuaca antara di pegunungan dengan di pesisir pantai, selain itu sebelumnya biasa makan ikan air tawar karena sulit penyediaannya, di masa habituasi kita kasih ikan laut hidup," katanya.

Selama masa habituasi, menurut Zaini dua orang penjaga (keeper) terus memantau kandang selama 24 jam untuk mengamati perilaku kedua elang tersebut.

Jika perilaku elang dipandang telah cukup mampu untuk dilepasliarkan, barulah pelepasliaran dilakukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X