Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Ini Menikah dengan Mahar Ikrar Sumpah Pemuda

Kompas.com - 26/10/2018, 18:48 WIB
Markus Yuwono,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemandangan unik di Hall B Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Di sela acara pameran terdapat pasangan yang melangsungkan pernikahan dengan cara unik, Jumat (26/10/2018).

Pasangan ini menikah dengan mahar seperangkat alat shalat dan ikrar sumpah pemuda.

Kedua mempelai bernama Sophi Arifudin (29), warga Rejowinangun, Kota Gede, Kota Yogyakarta dan Suyani (27), warga Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah.

Mereka mengenakan pakaian adat Bali Agung, dan duduk di atas mesin pembuat keramik yang bisa berputar. Upacara pernikahan unik itu digagas oleh Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais)

"Maharnya seperangkat alat shalat dan ikrar sumpah pemuda yang diucapkan mempelai pria. Tujuannya untuk menyebarkan virus nasionalisme dan menanamkan semangat sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari," kata Ketua Fortais, Ryan Budi Nuryanto kepada wartawan, Jumat.

Baca juga: Sepasang Kekasih Ditabrak, Sebelum Tewas Sang Pria Sempat Cerita Ingin Menikah

Dia mengatakan, pengantin duduk di atas alat pembuat keramik memiliki makna tersendiri. Gerakan putar yang berpusat itu merupakan simbol harapan agar pasangan pengantin ini memusatkan diri pada perilaku bermasyarakat dan berkeutuhan.

"Diharapkan keduanya saat memulai hidup baru terus berputar bersama baik dalam suka mapun duka," ujarnya.

Ryan mengaku acara pernikahan unik digelar karena hingga saat ini masih banyak warga yang belum bisa menikah karena terkendala keuangan.

Baca juga: Sering Jumpa Saat Rehat, Dua Napi Lapas Nunukan Menikah

Sementara itu, Arifudin mengaku bersyukur bisa melangsung pernikahan. Dia mengaku mendapatkan istri saat ada program "Golek Garwo" yang digelar oleh Fortais.

"Harapannya semoga kami jadi keluarga yang sakinah, mawahdah dan warrahmah," ucap Arifudin diamini istrinya, Suyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com