Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompor Meledak, 7 Rumah di Kota Bima Hangus Terbakar

Kompas.com - 13/10/2018, 17:08 WIB
Syarifudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BIMA, KOMPAS.com - Kebakaran hebat terjadi di lingkungan Sarae, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (13/10/2018).

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 14.05 Wita. Akibatnya, tujuh unit rumah warga di RT 04, Kelurahan Sarae, dilaporkan hangus terbakar.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima, Masrin membenarkan kejadian tersebut.

Ia menjelaskan, kebakaran di permukiman padat penduduk itu diduga akibat ledakan kompor yang menyala di meja dapur salah satu rumah yang terbakar. Saat itu, korban sedang memasak nasi untuk keperluan jualan.

"Kebakaran berawal di rumah Kalisom. Kejadian bermula ketika korban sedang memasak nasi di dapur rumahnya. Tiba-tiba kompor meledak dan menimbulkan percikan api, sehingga terjadi kebakaran," ungkap Masrin

Menurut Masrin, percikan api itu kemudian menjalar ke dapur dan membuat korban panik. Korban lalu berteriak meminta tolong kepada warga sekitar.

Baca juga: Asrama Polisi Timor Tengah Utara Terbakar

Warga berdatangan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun upaya pemadaman gagal.

Kobaran api pun semakin tak terkendali dan merembet ke rumah warga lainnya yang berada di sekitar lingkungan setempat. Jarak antar-rumah warga yang saling berdekatan membuat api semakin sulit untuk dipadamkan.

Warga yang panik dengan kebakaran itu langsung memberitahukan kepada warga lain untuk menyelamatkan harta bendanya. Beruntung kepanikan warga seketika reda setelah dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian untuk menjinakkan api.

Petugas dibantu warga pun berjibaku melawan amukan si jago merah. Bahkan, beberapa warga harus naik ke atap rumah lain untuk menyiramkan air ke titik api. Sekitar 1 jam kemudian api akhirnya berhasil dijinakkan.

"Alhamdulillah, api sudah padam. Akibat kejadian itu, 7 rumah ludes terbakar, 2 rusak sedang dan 3 rusak ringan. Untuk korban jiwa tidak ada. Sementara kerugian belum dihitung, kita masih melakukan pendataan," tuturnya.

Baca juga: 10 Hektar Lahan Hutan di Lereng Gunung Merbabu Terbakar

Berdasarkan data BPBD, rumah rusak berat akibat kebakaran antara lain milik M Yusuf, Ismail Hamzah, Brida Heri Kuswanto, Kalisom, Anwar, Abdurahman dan Mulyadi.

Sementara rumah rusak sedang milik Hermansyah, M Sidik dan Suryati. Sedangkan rumah rusak ringan milik Siti Maryam dan Hawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com