Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Muda Jawa Tengah Deklarasi Menangkan Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 06/10/2018, 19:54 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah ulama muda Jawa Tengah yang tergabung di dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan nomor urut 1 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Deklarasi dukungan digelar di Semarang, Sabtu (6/10/2018). Ratusan orang hadir di dalam deklarasi pemenangan tersebut.

"Ini deklarasi Samawi di Jawa Tengah, nanti kami lakukan di 29 kabupaten di Jateng sebagai wujud ikhtiar kawula muda memenangkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin," ujar Ketua Samawi Jateng Ahmad Aris Noeris atau Gus Noeris, pada Sabtu sore.

Baca juga: Bertemu Maruf Amin, Puluhan Ulama dan Habib Nyatakan Dukungan


Pria yang disapa Gus Noeris menjelaskan, setelah deklarasi Samawi Jawa Tengah akan diikuti dengan konsolidasi internal untuk pemenangan pasangan tersebut.

Ia yakin Samawi Jawa Tengah akan menyumbang suara signifikan untuk pemenangan pasangan nomor urut 1 itu.

"Kekuatan kami banyak didominasi putra kiai, guru madin, kiai muda yang ada di berbagai pelosok pesantren, santri milenial dan itu cukup banyak di Jateng. Kami semua siap menangkan pasangan nomor satu," ujarnya.

Gus Noeris menambahkan, gerakan Samawi tidak terafiliasi dengan partai politik. Gerakan bersifat sukarela untuk mereka yang ingin berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

Samawi menilai figur Joko Widodo adalah pemimpin yang menghormati para ulama dan memberi penghargaan atas keberadaan pondok pesantren.

"Kami independen, tidak ada kaitan dengan partai. Alasan kami mendukung Pak Jokowi karena melihat kinerja beliau, komitmen membangun NKRI dan penghormatan pada ulama kiai, pesantren di Indonesia," pungkasnya. 

Kompas TV Menurut Sandi debat harus dapat dipahami seluruh masyarakat sehingga sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com