Gempa, Kabin Tower Roboh, Petugas Airnav Luka di Bagian Kaki

Kompas.com - 28/09/2018, 23:51 WIB
Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (AirNav Indonesia) menutup aktivitas operasional bandara Palu dari Jumat (28/9/2018) pukul 19.26 WITA hingga Sabtu (29/9/2018) pukul 19.20 WITA dan telah diterbitkan dalam Notam (Notice to Airmen) Nomor H0737/18. KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELAPerum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (AirNav Indonesia) menutup aktivitas operasional bandara Palu dari Jumat (28/9/2018) pukul 19.26 WITA hingga Sabtu (29/9/2018) pukul 19.20 WITA dan telah diterbitkan dalam Notam (Notice to Airmen) Nomor H0737/18.

MAKASSAR, KOMPAS.com – Pascagempa magnitudo 7,4 yang berpusat di Donggala, penerbangan ke Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) ditutup untuk sementara.

General Manager Airnav Indonesia cabang Makassar Novy mengatakan, penutupan bandara di Palu dilakukan berdasarkan Notam (Notice to Airmen) Nomor H0737/18.

"Malam ini pelayanan navigasi tidak bisa diberikan. Masih terdapat beberapa penerbangan menuju Palu yang akan dibatalkan," ujar Novy dalam siaran persnya, Jumat (28/9/2018).

"Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri, ditutup malam ini pukul 19.26 Wita sampai dengan estimasi 29 September 2018 pukul 19.20 Wita," ungkapnya. 

Baca juga: Fakta Terbaru Gempa dan Tsunami di Palu, Listrik Padam, Komunikasi Putus hingga Kapal Melintang

Akibat Gempa, sambung Novy, sejumlah fasilitas milik Airnav Indonesia mengalami kerusakan. Kabin tower berlantai empat, roboh, sehingga peralatan komunikasi tidak dapat diselamatkan.

"Saat ini belum dapat dilakukan koordinasi dengan tim Airnav Palu, karena jaringan seluler tidak beroperasi," tambahnya.

Novy mengungkapkan, seorang karyawan Airnav Indonesia yang sedang bertugas di tower mengalami patah kaki. Saat ini dalam proses evakuasi.

"Airnav Indonesia cabang Makassar akan mengirimkan peralatan dan teknisi malam ini dari poso untuk membantu kondisi di Palu. Selanjutnya apabila ada penerbangan besok pagi GM dan teknisi akan berangkat ke palu melakukan proses recovery," tuturnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X