Seorang Gadis Diperkosa Sesama Pendaki Saat Kelelahan hingga Meninggal

Kompas.com - 21/09/2018, 19:50 WIB
Gunung Singgalang melingkungi Rumah Puisi, selain juga Gunung Marapi. KOMPAS/FRANS SARTONOGunung Singgalang melingkungi Rumah Puisi, selain juga Gunung Marapi.

PADANG, KOMPAS.com — Seorang pendaki berinisial RFD (18) memerkosa sesama pendaki berinisial YAT (19) yang kelelahan saat turun dari Gunung Singgalang di Sumatera Barat.

Korban yang tidak mampu melawan sempat dirawat di RSUD Padang Panjang. Namun, akhirnya korban meninggal dunia. Jasadnya sudah dibawa pihak keluarga ke rumahnya di Pangkalan Koto Baru.

Kasat Reskrim Polres Padang Panjang AKP Julianson SH membenarkan kasus pemerkosaan tersebut. RFD sudah ditahan sebagai tersangka di Mapolres Padang Panjang sejak Rabu (19/9/2018).

"Benar, pelaku sudah ditahan dan dikenai Pasal 286 KUHP tentang Persetubuhan dengan ancaman pidana penjara maksimal 9 tahun," kata Julianson, Jumat (21/9/2018).

Julianson menyebut, meski pelaku sudah ditangkap, penyidiknya masih melakukan pendalaman, terutama penyebab kematian korban.

Jika korban meninggal karena diperkosa saat kondisi lemas, maka tentu akan ada pasal lainnya yang dikenakan kepada pelaku.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya tidak mau berasumsi apakah korban meninggal karena diperkosa oleh pelaku.

"Kami tunggu dulu hasil aoutopsinya dari RS Bhayangkara. Kalau memang (penyebabnya) karena diperkosa, akan ada pasal berlapis," ujarnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku kepada penyidik, lanjut Julianson, kasus pemerkosaan berawal saat pelaku dan korban serta tiga rekannya berinisial FZ, RB, dan FK yang merupakan kekasih korban mendaki Gunung Singgalang sejak Sabtu (15/9/2018) sekitar pukul 23.00 WIB.

Besoknya, Minggu sekitar pukul 07.00 WIB, mereka berlima sampai ke cadas gunung. Setelah beristirahat di sana, kemudian mereka melanjutkan pendakian ke Telaga Dewi.

Sesampainya di sana, hujan badai mengguyur sehingga mereka kembali turun ke cadas. Sampai di cadas sekitar pukul 15.00 WIB, korban kelelahan hingga lemas tak berdaya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X