Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 7 Partai yang Mengikuti Deklarasi Pemilu Damai di Palopo

Kompas.com - 16/09/2018, 12:20 WIB
Amran Amir,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PALOPO, KOMPAS.com - Ratusan warga bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019 di Lapangan Pancasila, Minggu (16/9/2018) pagi.

Deklarasi pemilu damai dilakukan untuk menyambut dan mendukung pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Pelaksanaan deklarasi dimulai dengan membentangkan bendera sepanjang 20 meter dari dalam Kantor Wali Kota Palopo dan dilanjutkan dengan pengucapan deklarasi serta penandatanganan deklarasi Pemilu dan Pilpres oleh sejumlah elemen seperti, Polri, pemerintah daerah, TNI, Kejaksaan, KPU dan Bawaslu serta pimpinan partai.

Baca juga: Deklarasi Pemilu Damai 2019 Digelar di Tugu Proklamasi

Deklarasi pemilu damai 2019 itu hanya diikuti 7 partai politik yakni Gerindra, PDI-P, Golkar, PKS, PBB, PAN dan Demokrat.

Kapolres Palopo AKBP Taswin mengatakan, dengan pelaksanaan deklarasi ini, diharapkan pemilu nanti lebih nyaman, aman, damai dan sejuk, sehingga dapat melahirkan demokrasi yang lebih bagus dan lebih baik untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Deklarasi damai yang dilaksanakan Polri hari ini serentak di Indonesia. Hal ini dimaknai untuk menyatakan sikap bahwa kepolisian dan TNI siap melaksanakan penyelenggaraan Pemilu legislatif dan Pilpres 2019 dengan aman, sejuk dan damai,” kata Taswin, Minggu.

Taswin berharap, situasi keamanan Kota Palopo dapat dijaga bersama. "Terkhusus kepada calon legislatif agar taat dan patuh pada aturan hukum sehingga tidak ada permasalahan-permasalahan yang berakibat hukum kedepan nanti,” ujar dia.

Baca juga: Semua Partai Hadiri Deklarasi Pemilu 2019 Damai di Car Free Day Makassar

Sementara Asisten Satu Pemerintah Kota Palopo, Burhan Nurdin menyampaikan, pelaksanaan Pileg dan Pilpres merupakan bagian dalam proses pemerintahan yang telah ditulis dalam undang-undang.

Pemilihan legislatif dan Pilpres adalah pesta demokrasi untuk seluruh rakyat.

“Mari kita sambut pesta demokrasi ini dengan aman dan damai, serta dapat terlaksakan sesuai dengan deklarasi pagi ini. Palopo telah membuktikan pemilihan yang aman dan damai, seperti yang telah kita lakukan beberapa bulan lalu pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palopo," ucap Burhan.

Deklarasi damai itu dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara dan senam bersama masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com