Mentan Lepas Ekspor Perdana Bibit Ayam Potong ke Timor Leste

Kompas.com - 07/09/2018, 22:43 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat mengunjungi salah satu peternakan ayam di wilayah Tonjong, Kabupaten Bogor, Rabu (23/11/2016). Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi BempahMenteri Pertanian Amran Sulaiman saat mengunjungi salah satu peternakan ayam di wilayah Tonjong, Kabupaten Bogor, Rabu (23/11/2016).

DENPASAR, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melepas ekspor perdana bibit ayam potong atau dikenal dengan Daily Old Chicken ( DOC) ke Timor Leste pada Kamis (6/8/2018).

Bertempat di area cargo Bandara International Gusti Ngurah Rai, Bali pelepasan ekspor perdana ini ditandai dengan pemecahan kendi dan pengiriman 32.000 ekor DOC.

DOC tersebut dikemas dalam kotak-kotak khusus untuk selanjutnya dikirim ke Timor Leste melalui udara.

Dalam kesempatan itu, Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya terus mendorong ekspor komoditas pertanian di saat melemahnya rupiah termasuk dengan mempermudah proses perizinan.

"Gerakan pertanian sekarang nyata mendorong ekspor di saat rupiah melemah," kata Amran.

Baca juga: Mentan Amran: Jangan Persulit Pengusaha!

 

Menurutnya, pada tahun 2017, ekspor hasil pertanian naik 24 persen. Pada 2018, nilai ekspor diharapkan bisa meningkat lebih tinggi.

Selain ekspor DOC, dalam kesempatan itu Amran juga melepas ekspor buah manggis ke China. Buah manggis berasal dari kebun petani di Bali.

"Sekarang petani juga dimudahkan, dulu ekspor buah harus melalui Singapura atau Thailand. Sekarang ekspor ke China sudah langsung tanpa perantara," kata Amran. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X