Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Pecat Bupati Labuhanbatu

Kompas.com - 20/07/2018, 12:18 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - PDI Perjuangan akan memecat Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap sebagai Ketua DPC PDI-P Labuhanbatu setelah dia tertangkap dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sikap PDI Perjuangan tegas, kami akan pecat beliau. Kami akan usulkan ke DPP agar melakukan pemecatan kepada Pangonal, baik sebagai ketua DPC maupun anggota. Ini konsekuansi logis PDI Perjuangan terhadap pemberantasan korupsi," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara Soetarto lewat telepon selulernya, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Baru 17 Bulan Jadi Bupati di Labuhanbatu, Pangonal Sudah Kena OTT KPK

Setelah pemecatan, lanjut Soetarto, PDI-P akan melakukan konsolidasi. Dia meminta agar seluruh struktur partai tetap solid dan menjaga kekompakan karena akan menghadapi pemilihan legeslatif dan pemilihan presiden.

"Terkait posisi ketua di Labuhanbatu, ada mekanismenya. Kami akan sampaikan dan menunggu arahan DPP. Begitu juga soal posisi bupati, kami juga akan menunggu perkembangannya," pungkas dia.

Baca juga: 9 Kepala Daerah di Sumatera Utara yang Terjerat Korupsi

Sebelumnya diberitakan, Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap (48) bersama ajudannya diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK di Bandara Sorkarno Hatta pada Selasa (17/7/2018) malam. KPK juga mengamankan tiga terduga lain di Labuhanbatu lalu menerbangkannya ke Jakarta.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penangkapan para pelaku diduga terkait korupsi dan suap pada proyek pengadaan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Labuhanbatu. Pihaknya menyita barang bukti di antaranya transaksi dan penarikan uang senilai ratusan juta.

"Bupati dan ajudannya sudah di KPK, statusnya masih menjalani pemeriksaan lanjutan 1x24 jam. Kami juga akan menggelar perkara sebelum menentukan status hukum kelimanya," kata Febri.

Baca juga: 7 Hadiah untuk Zohri, Sang Juara Dunia dari NTB

Pangonal Harahap adalah bupati ke-18 Kabupaten Labuhanbatu. Pilkada serentak 2015 mendapuk dirinya dan Andi Suhaimi menjadi bupati dan wakil untuk periode 2016-2021, mereka dilantik pada 17 Februari 2016 lalu.

Mereka mengalahkan empat pasangan calon bupati lain dengan mendulang 60.176 suara. Sejak menjabat, Pangonal-Suhaimi dinilai berhasil membangun dan memajukan kabupaten yang ber-ibukota Rantauprapat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com