Server KPU Sempat "Down" Saat Partai Demokrat Daftarkan Bakal Caleg

Kompas.com - 17/07/2018, 22:14 WIB
DPD Partai Demokrat menerima tanda terima pencalonan bakal caleg yang ditulis manual.KOMPAS.com/Amran Amir DPD Partai Demokrat menerima tanda terima pencalonan bakal caleg yang ditulis manual.

PALOPO, KOMPAS.comPendaftaran bakal calon legislatif sejumlah partai di kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (17/7/2018), diwarnai kejadian down-nya server sistem pencalonan KPU.

Akibatnya aplikasi tak dapat dibuka. Meski server Silon KPU mengalami down, namun proses pendaftaran bakal caleg tetap berjalan.

Baca juga: Surat Edaran Diterbitkan, Guru Dilarang Beri PR ke Siswa

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Palopo, Faisal Mustapa, mengatakan bahwa pada siang ini saat pendaftaran bakal caleg berlangsung, khususnya Partai Demokrat, aplikasi Silon sempat drop atau down sehingga proses dilakukan secara manual.

“Di aplikasi Silon yang digunakan memang sempat terganggu dengan terjadinya down. Itu karena di seluruh Indonesia sama-sama mempergunakan server yang sama. Jadi kami semua mengikut dan kemungkinan besar semua mengalami hal yang sama,” katanya.

Baca juga: 7 Hadiah untuk Zohri, Sang Juara Dunia dari NTB

Solusi yang ditempuh adalah apabila partai politik sudah mengajukan dokumen hardcopy persyaratan pencalonan secara lengkap, KPU lalu mengeluarkan tanda terima secara manual.

“Idealnya kami harus mengeluarkan tanda terima dari Silon tetapi karena partai politik seperti Partai Demokrat tadi kami lihat sudah memasukkan hard copy sudah lengkap, jadi kami menerima dan memberikan tanda terima secara manual, meskipun kita tidak bisa akses, nanti setelah bisa diakses baru diberikan tanda terima dari Silon,” tuturnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X