Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Dibuka, Pendaftaran Caleg di Mamasa Sepi Peminat

Kompas.com - 11/07/2018, 14:44 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com – Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) sudah dibuka secara nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 4 Juli 2018. Namun sepekan berlalu, sejumlah KPU daerah sepi peminat. 

Hal ini terjadi di kantor KPUD Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). Hingga Rabu (11/7/2018) belum ada tanda-tanda caleg yang mendaftarkan diri ke kantor tersebut. 

Komisioner KPUD Mamasa Divisi Teknis Sudarsono K Wijaya mengaku, hingga kini belum satu pun bakal calon anggota legislatif dari partai mana pun yang mendaftarkan diri di kantor KPUD Mamasa. 

“Mungkin hari-hari terakhir nanti baru ramai,” jelas Sudarsono. Dia menduga sepinya parpol dan caleg disebabkan mereka masih sibuk mengurus dan merampungkan setumpuk berkas persyaratan yang harus dilengkapi, termasuk tes kejiwaan. 

Baca juga: Pendaftaran Caleg Masih Sepi Dinilai karena Parpol Terapkan Politik Transaksional

Meski sepi pendaftar, KPUD Mamasa yang sudah siap menerima para caleg mendaftar tetap memberlakukan prosedur pendaftaran hingga masa penerimaan caleg ditutup pada 17 Juli mendatang.

Pantauan Kompas.com, sejumlah perlengkapan sudah dipersiapkan KPUD Mamasa  untuk menyambut parpol atau caleg yang akan mendaftar.

Terlihat sejumlah ruangan tempat menerima berkas pendaftaran yang dilengkapi sejumlah perangkat elektronik untuk mempermudah proses penerimaan berkas pendaftaran caleg.

Petugas KPUD juga tetap siaga, termasuk aparat keamanan, sesuai prosedur standar penerimaan caleg di kantor KPUD Mamasa. KPUD Mamasa akan memberlakukan masa pendaftaran 24 jam pada hari terakhir Selasa 17 Juli mendatang hingga pukul 24.00 Wita.

Baca juga: Setelah Pilkada, Sudirman Said dan Ida Fauziyah Ogah Jadi Caleg

Kompas TV Partai Solidaritas Indonesia melakukan tes wawancara terhadap bakal calon anggota legislatifnya di pemilu 2019.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com