Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Pilkada, Prabowo Minta Sudirman Said Jadi Penasihat dan Caleg

Kompas.com - 07/07/2018, 07:11 WIB
Kristian Erdianto,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta Sudirman Said sebagai salah satu penasihatnya setelah berkontestasi dalam Pilkada Jawa Tengah 2018.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga, pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah diprediksi kalah suara dari pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

"Saya telah minta kepada Pak Sudirman Said untuk tetap membantu saya dalam hari-hari ke depan dan beliau sudah menyatakan bersedia untuk menjadi penasehat saya di tingkat nasional," ujar Prabowo saat memberikan keterangan seusai bertemu Sudirman Said di kediaman pribadinya, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2018) malam.

Selain itu, Prabowo juga meminta Sudirman mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah pada Pileg 2019. Ia menilai Sudirman memiliki basis pemilih yang cukup besar dan signifikan.

"Bila perlu beliau siap kembali ke Jateng untuk bertarung lagi di Pileg karena suara beliau sangat signifikan," kata Prabowo.

Secara terpisah, Sudirman mengatakan akan mempertimbangkan permintaan Prabowo untuk menjadi caleg.

Ia mengaku sebenarnya telah memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Namun, keputusan untuk menjadi caleg harus ia komunikasikan lebih dulu dengan partai politik pendukung lainnya, yakni PKS, PAN, dan PKB.

"Itu sedang saya pertimbangkan. Jadi saya harus diskusi dengan partai pengusung lain. Tapi tadi yang paling spesifik adalah diminta untuk ikut dalam tim kampanye ke depan," kata Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com