Akun Kampanye Hitam yang Serang Sudirman-Ida Dilaporkan Polisi

Kompas.com - 22/06/2018, 23:10 WIB
Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah, saat tampil dalam debat perdana Pilkada Jateng di Hotel Patra, Semarang, Jumat (20/4/2018).Kompas.com/Erwin Hutapea Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah, saat tampil dalam debat perdana Pilkada Jateng di Hotel Patra, Semarang, Jumat (20/4/2018).

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu akun yang diduga melakukan kampanye hitam terhadap Sudirman Said- Ida Fauziyah di Pilkada Jawa Tengah dilaporkan ke polisi.

Pelaporan dilakukan tim hukum dan advokasi pasangan Sudirman-Ida ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, Jum'at (22/6/2018) sore.

"Akun @KakekDetektit sangat meresahkan karena terus menyebar fitnah. Itu membahayakan bagi demokrasi," ujar anggota tim Advokasi Pemenangan Sudirman-Ida, Denny Septiviant, sore tadi.

Menurut Denny, laporan ke polisi diambil karena pihaknya ingin penyelenggaran Pilgub Jateng berjalan adil dan fair tanpa kampanye hitam.


Baca juga: Survei SMRC: Ganjar-Yasin 70,1 Persen, Sudirman-Ida 22,6 Persen

Ia menilai, sejumlah cuitan yang dilakukan akun tersebut melalui lini masa Twitter merugikan paslonnya. Terlebih cuitan yang ditulis bermuatan fitnah.

"Kami minta Polda Jateng segera merespons dan mencari pemilik akun twitter @KakekDetektif," tambahnya.

Tim advokasi menilai ada sekitar 8-10 tweet yang berisi konten kampanye hitam. Berbagai tweet dinilai telah memenuhi unsur di dalam pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 UU ITE.

Akun itu dalam cuitan dalam waktu berbeda menuduh Sudirman Said dan Ida melakukan perselingkuhan.

"Ini jelas sangat disayangkan dan sudah berlangsung sejak 10 juni lalu," ujarnya.

Baca juga: Tak Puas dengan Jawaban soal Pansela, Ida Fauziah Bilang Ya Sudah Gus Yasin Kalau Jawabnya Begitu

Sebelumnya, Ida mengatakan, cuitan akun @KakekDetektif, fitnah yang sangat keji dan di luar batas kemanusiaan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X