Basarnas Antisipasi Kecelakaan di Teluk Tomini dan Laut Sulawesi Selama Mudik - Kompas.com

Basarnas Antisipasi Kecelakaan di Teluk Tomini dan Laut Sulawesi Selama Mudik

Kompas.com - 14/06/2018, 21:53 WIB
Sejumlah personil Basarnas melakukan pengamanan di Teluk Tomini dan Laut Sulawesi untuk mengantisipasi kecelakaan laut.KOMPAS.COM/Basarnas Gorontalo Sejumlah personil Basarnas melakukan pengamanan di Teluk Tomini dan Laut Sulawesi untuk mengantisipasi kecelakaan laut.

GORONTALO, KOMPAS.com – Badan SAR Nasional ( Basarnas) Gorontalo fokus mengantisipasi kecelakaan laut di perairan laut Sulawesi dan Teluk Tomini, selama mudik Lebaran.

Untuk itu, sebuah posko didirikan di Pelabuhan penyeberangan Gorontalo, wilayah pesisir selatan yang berada di Teluk Tomini.

“Kami terus siaga sambil memantau lalu lintas angkutan penyeberangan dan lainnya yang berada di Teluk Tomini dan Laut Sulawesi,” kata Kepala Basarnas Gorontalo Muslimin, Jumat (14/6/2018).

Selain posko, di pelabuhan penyeberangan, Basarnas juga mendirikan dan mengoperasikan 5 posko siaga selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Baca juga: Puncak Arus Mudik, 79.818 Kendaraan Masuk Jawa Tengah Via Tol Kertasari

“Fokus pengamanan di beberapa titik, di antaranya pelabuhan laut dan Bandara udara,” ujar Muslimin.

Basarnas menitik beratkan pengamanan di pelabuhan ferry karena tempat ini menjadi gerbang utama dari Gorontalo menuju daerah lain seperti Makassar, Pare-pare serta Luwuk, Pagimana, dan beberapa daerah lainnya dan sebaliknya.

Untuk pengamanan ini, Basarnas menyiapkan 67 personel yang ditempatkan di beberapa posko. Para personel ini dilengkapi sejumlah peralatan yang memadai untuk melakukan pergerakan cepat dan penanganan kecelakaan.

Baca juga: Di Tol Cipali, Arus Mudik Tahun Ini Bertambah 67.193 Kendaraan

Alat utama yang diterjunkan untuk pengamanan ini adalah 3 unit kapal, KN SAR 226 SAMBA, KN SAR 216 dan KN 416, serta 2 unit Rib.

“Angkutan Lebaran memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari biasanya, ini perlu kewaspadaan,” ujar Muslimin.


Kompas TV Pelabuhan Merak menjadi gerbang utama ribuan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X