Bandara Husein Siapkan 2 Penerbangan Tambahan untuk Pemudik

Kompas.com - 11/06/2018, 21:23 WIB
Sejumlah penumpang pesawat tengah menunggu penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. KOMPAS.com/AGIEPERMADISejumlah penumpang pesawat tengah menunggu penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik yang hendak menggunakan pesawat untuk pulang ke kampung halamannya, Bandara Husein Sastranegara menyiapkan dua penerbangan tambahan.

"Tahun ini kami ada extra flight, penerbangan tambahan. Ada penerbangan Wings Air dan Expres Air," kata Suwarsono, manajer Pelayanan dan Operasi Bandara Husein Sastranegara, di Bandara Husein Sastranegar, Senin (11/6/2018).

Untuk Wings Air, tambahnya, akan melayani pemudik yang hendak melakukan penerbangan dari Bandung-Tanjung Karang yang melayani pemudik dari tanggal 1 hingga 30 Juni 2018. Adapun jadwal pemberangkatan pesawat ini hanya dilakukan pada pukul 20.50 WIB dari Bandara Husein Sastranegara.

Sedang untuk pemberangkatan pesawat Expres Air sudah dijadwalkan pihak maskapai penerbangan pada tanggal 12, 19, 21, 23 juni 2018, dengan waktu penerbangan sekitar pukul 14.40 WIB, dengan penerbangan Bandung-Padang.


Baca juga: 5.000 Pemudik Padati Pelabuhan Baubau, Kapal Pelni Penuh Sesak

Suwarsono juga menyebut ada peningkatan tren mudik menggunakan pesawat terbang di Husein Sastranegara

"Setiap tahun penumpang pesawat meningkat, perkiraan sebesar 1 persen," katanya.

Berdasarkan data yang didapatkan Bandara Husein Sastranegara, puncak arus mudik lebaran 2018 ini diprediksi terjadi pada H-6 atau Sabtu (9/6/2018) lalu. Keberangkatan pesawat mencapai 44 keberangkatan dengan jumlah penumpang sekitar 8.075 orang, meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 33 keberangkatan dengan jumlah penumpang sekitar 4.799 orang.

Sedang untuk kedatangan pada H-6 lalu, ada 44 penerbangan dengan jumlah penumpang yang tiba di Bandara Husein Sastranegara sebanyak 5.749 orang, meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 39 penerbangan dengan jumlah penumpang yang tiba sebanyak 4.321 orang.

Sedang pada H-4 ini hingga pukul 12.00 WIB tadi siang, keberangkatan tercatat baru 8 penerbangan dengan jumlah penumpang sebanyak 697 orang.

"Dari H-7 sampai H-4 ini terus ada peningkatan kalau dilihat dari trennya. Puncaknya, Sabtu kemarin, memang ada peningkatan. Namun untuk hari ini terpantau belum final," katanya.

Baca juga: 11.000 Pemudik Terpantau Berangkat Dari Terminal Cicaheum

Meski begitu, katanya, peningkatan penumpang tidak terlalu signifikan, bahkan terpantau tidak ada penumpukan di Bandara Husein Sastranega.

"Semua berjalan dengan aman dan lancar, kalaupun ada penumpukan biasanya faktor cuaca yang fluktuatif. Tapi sejauh ini aman," jelasnya.

Adapun, dari seluruh penerbangan didominasi oleh penerbangan domestik. "Kebanyakan penerbangan domestik," ujarnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X