Bawa Serbuk Mesiu dan Mercon, Abdullah dan Motornya Terbakar

Kompas.com - 09/06/2018, 16:08 WIB
ilustrasi bubuk mesiu Adam88xxilustrasi bubuk mesiu

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Warga Dusun Tacempa, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, dikagetkan dengan bunyi ledakan di jalan raya desa setempat, Sabtu (9/6/2018).

Ledakan itu berasal dari sebuah motor yang dikendarai Abdullah, warga Desa Akkor, Kecamatan Palengaan.

Motor tersebut meledak lantaran serbuk mesiu dan beberapa butir mercon yang dibawa Abdullah terbakar. Motornya hangus dan beberapa anggota tubuhnya terluka, seperti kaki, paha, lengan dan wajahnya, mengucurkan darah segar.

Di saat bersamaan, melintas warga asal Palesanggar bernama Usman. Ia terkena ledakan juga. Akibatnya, ia mengalami luka bakar.

Kedua korban ini langsung dibawa ke Rumah Sakit Daerah dr Slamet Martodirjo, Pamekasan, menggunakan mobil warga yang sedang melintas.

Baca juga: Petasan Meledak, Rumah Hancur dan Satu Orang Meninggal Dunia

Ahmad Junaidi, warga sekitar kejadian menuturkan, Abdullah mengendarai motornya dari arah timur dalam kecepatan sedang. Tiba-tiba motornya meledak dan orangnya sempat terpental beberapa meter.

"Dugaan saya dia membawa mercon dan serbuk sehingga meledak," kata Junaidi.

Kasat Reskrim Polres Pamekasan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hari Siswo Suwarno mengatakan, ledakan berasal dari serbuk mesiu dan mercon yang dibawa korban. Kemungkinan ada percikan api yang menyebabkan serbuk mesiu dan mercon itu meledak.

"Ledakan itu karena mercon dan serbuk mesiu. Ini sedang kami selidiki dari mana korban memperolehnya," ujar Hari saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Petasan Meledak, Rumah Hancur dan Satu Orang Meninggal Dunia

Ledakan akibat mercon di Kecamatan Pegantenan ini terjadi dua kali dalam setahun. Pada bulan Ramadhan tahun kemarin, sebuah rumah di desa Ambender ambruk akibat ledakan mercon. Dua anak balita tewas dalam kejadian tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X