Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi Pemilih Pilkada Pangkal Pinang Ditargetkan 80 Persen

Kompas.com - 05/05/2018, 11:08 WIB
Heru Dahnur ,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sedikitnya 200 personel panitia pemilihan kecamatan hingga kelurahan dikerahkan dalam apel 1.000 titik sosialisasi di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (5/5/2018).

Penyelenggara Pilkada Pangkal Pinang menargetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 80 persen atau lebih tinggi dari target nasional KPU RI sebesar 77,5 persen. Jumlah daftar pemilih tetap Pangkal Pinang yaitu 126.949 pemilih.

"Kami ingin semua petugas siap sedia untuk sosialisasi ini. Semua media akan digunakan," kata Komisioner KPU Pangkal Pinang Wahyu Gusna, seusai gelaran apel yang turut dikawal kendaraan penghalau massa dari kepolisian.

Baca juga: Calon Wakil Wali Kota Pangkal Pinang Mulai Disidang dalam Kasus Politik Uang

Dia mengungkapkan, titik sosialisasi menyebar di berbagai wilayah kota, meliputi pasar tradisional, pasar modern, bandara, permukiman hingga rumah-rumah ibadah.

"Meskipun anggaran sosialisasi kurang dari Rp1 miliar untuk semua kegiatan, kami tetap maksimal untuk target partisipasi nanti," ujarnya.

Tercatat sebanyak empat pasangan calon yang satu pasangan di antaranya dari jalur perseorangan, berkompetisi di bursa Pilkada Pangkal Pinang 2018.

Pihak KPU mewanti-wanti warga untuk mengecek daftar pemilih serta membawa KTP saat hari pemungutan suara pada Juni nanti.

Kompas TV Polisi menetapkan seorang calon Wakil Wali Kota Pangkalpinangkepulauan Bangka Belitung sebagai tersangka dugaan pelanggaran politik uang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com