Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pembunuh Sopir Taksi "Online" Terlacak setelah Posting Foto di Facebook

Kompas.com - 13/04/2018, 20:04 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kasus perampokan disertai pembunuhan yang menimpa Tri Widyantoro (44) akhirnya terungkap setelah jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan menangkap empat orang pelaku yang dua di antaranya ditembak mati.

Tersangka terakhir, yakni Hengki Sulaiman (20) ditembak mati saat hendak ditangkap di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Rabu (11/4/2018) kemarin.

Penangkapan terhadap Hengki pun cukup alot, sehingga petugas kepolisian membutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk mengetahui keberadaan pelaku.

Tak hanya itu, Hengki juga mengubah nama menjadi Hendrik selama pelarian di Brebes.

Setelah memantau akun Facebook milik Hengki, petugas melihat postingan foto tersangka yang berada di dalam rumah serta duduk di halaman.

Dari foto itulah, petugas bergerak dan mengetahui keberadaan Hengki.

"Ketika kita lacak, ternyata sumber foto itu berada di Brebes. Tim langsung menuju ke sana dan menangkap Hengki," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat gelar perkara di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, Jumat (13/4/2018).

Baca juga : Sebelum Tembak Mati Pembunuh Sopir Taksi Online, Polisi Shalat Tahajud karena Pelaku Punya Jimat

Namun, petugas sempat kesulitan menangkap Hengki yang mengganti nama menjadi Hendrik. Rekan dan tetangga yang ada di sekitar tidak mengetahui bahwa Hendrik itu adalah Hengki yang merupakan buronan Polda Sumsel.

Bermodalkan foto yang beredar, seorang pria yang dicurigai sebagai Hengki saat berada di dalam rumah langsung ditangkap.

"Tetapi, Hengki tahu kedatangan petugas dan langsung mencoba kabur, sehingga kita tembak di bagian dada sebelah kiri dan tersangka tewas," ujar kapolda Sumsel.

Dari tubuh Hengki alias Hendri, petugas menemukan dua jimat yang diyakini sebagai ilmu untuk menghilang dan kebal. Lalu keris kecil bewarna kuning dan hitam bersama satu lembar kertas bertuliskan huruf Arab.

Baca juga : Kisah Hengki, Pembunuh Sopir Taksi Online dan Surat Cinta Terakhirnya

Selain itu, kepastian yang ditembak mati itu adalah Hengki dikuatkan dengan adanya satu pas foto 3x4 dan foto kopi KTP atas nama Hengki Sulaiman.

"Dari barang-barang itu, kita yakini itu adalah Hengki," ucap jenderal bintang dua ini.

Kompas TV Hilang kontak selama 2 bulan seorang pengemudi taksi daring di Palembang, Sumatera Selatan ditemukan tewas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com