Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPBU di Kompleks Industri SIER Meledak dan Terbakar, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 08/03/2018, 12:54 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di kompleks industri Rungkut SIER Surabaya di Kecamatan Waru Sidoarjo, meledak dan terbakar pada Kamis (8/3/2018) pagi.

Informasi dari kepolisian menyebut satu orang tewas dan empat lainnya mengalami luka dalam kebakaran SPBU yang berlokasi di perbatasan Surabaya-Sidoarjo itu.

Selain mengakibatkan korban luka dan tewas, ledakan di SPBU Kelurahan Berbek itu juga mengakibatkan mobil pengangkut air dan LPG terbakar. "Sempat terjadi sekitar 5 kali ledakan," kata Arifin, saksi mata.

Untuk memadamkan api, setidaknya 11 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan. Tujuh unit mobil pemadam dari Pemkot Surabaya, dan empat unit lainnya dari Pemkab Sidoarjo.

Baca juga : Ditegur karena Main Ponsel di Kelas, Murid Hajar Guru dengan Kursi

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Candra Maria Oratmangun mengatakan, dari 7 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan, di antaranya berisi liquid foam.

"Lokasi kebakaran ini khusus, karena itu kita terjunkan mobil khusus yang mengeluarkan liquid foam," jelasnya.

Pemadaman dan pembasahan lokasi kebakaran, kata dia, berlangsung cepat karena pihaknya memiliki posko yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Baca juga : Pengunjung yang Lempar Rokok ke Orangutan Dilaporkan ke Polisi

Hingga Kamis siang, jajaran Polresta Sidoarjo terus melakukan penyelidikan atas terbakarnya SPBU tersebut. Dugaan awal, kebakaran dipicu percikan api dari truk pengangkut LPG yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com