Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Penggalangan Dana, Pasangan "Rindu" Kumpulkan Rp 200 Juta

Kompas.com - 20/02/2018, 12:07 WIB
Dendi Ramdhani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menggelar penggalangan dana terbuka dalam gala dinner bertajuk “Hayu Beberes Jabar Babarengan” di Hotel Padma, Bandung, Selasa (19/2/2018) malam.

Dalam kegiatan itu, pasangan "Rindu" berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 200 juta dari ratusan undangan yang hadir.

Ridwan Kamil mengatakan, acara itu digelar sebagai strategi pemenangan dengan cara partisipatif, yaitu masyarakat bisa menyumbang mulai dari Rp 10.000.

"Hanya dengan udunan Rp 10.000, babarengan kita bisa buat Jabar Juara," ucap Ridwan dalam pidatonya.

Baca juga: Survei Indo Barometer, Rindu dan 2DM Bersaing Ketat di Pilkada Jabar

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pemenangan Rindu, Arfi Rafnialdi, mengatakan, penggalangan dana itu menjadi penting lantaran pilkada tak hanya hajat politik bagi parpol dan para kandidat.

"Partisipasi ini penting karena pilkada bukan hanya hajat politik parpol atau para cakada, melainkan hajatnya seluruh warga Jawa Barat. Keterlibatan publik dalam pembiayaan pilkada dapat mereduksi praktik politik transaksional," ujarnya.

Di tempat yang sama, Bendahara Tim Pemenangan Rindu, Aria Girinaya, menambahkan, para pendukung yang hadir sangat antusias merespons program udunan warga ini.

“Ketika kami pertama kali menyebarkan undangan ke para pendukung, antusiasmenya sangat luar biasa. Tiket VVIP langsung terjual 5 menit setelah undangan dikirimkan," ujarnya.

Baca juga: Uu Ruzhanul Ulum Utus Istrinya Sosialisasikan Rindu di Tanah Abang

Giri mengaku cukup terkejut bahwa program ini bisa mengumpulkan Rp 200 juta dalam tempo semalam.

"Sebagai bentuk transparansi, kami akan melaporkan seluruh dana yang terkumpul ini ke KPU, lengkap beserta dengan data-data peserta udunan," tuturnya.

Giri berharap, melalui udunan ini warga bisa teredukasi untuk ikut serta dalam sistem pendanaan politik agar ke depan kualitas demokrasi di Indonesia bisa meningkat.

Kompas TV Kita berbincang dengan calon wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, UU Ruzhanul Ulum.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com